PENYELESAIAN KONFLIK DI PONDOK PESANTREN

ASTUTIE PUTRI INDAH IMANSARIE, . (2013) PENYELESAIAN KONFLIK DI PONDOK PESANTREN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK1.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (56kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (620kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB V1.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (48kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (13kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAA1 putri.pdf

Download (7kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sekaligus menganalisis jenis konflik dan faktor penyebab konflik yang terjadi di pondok pesantren. Setelah itu, untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisisi pola penyelesaian konflik yang digunakan di pondok pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan pendekatan ini, peneliti dapat menggali informasi yang lebih mendalam dari informan penelitian. Sumber data yang diperoleh didapatkan dari hasil wawancara, angket, observasi dan studi pustaka. Setelah semua data terkumpul kemudian peneliti mengelola data tersebut. Penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, jenis konflik yang terjadi di pesantren gontor putri adalah konflik antar pribadi, konflik antar rasial, konflik antar kelas-kelas santriwati dan konflik antar kelompok-kelompok sosial. Kedua, Pondok Pesantren Gontor putri mempunyai sistem penyelesaian konflik secara hierarkis dan tersusun rapi, diselesaikan mulai dari teman atau pembimbing kelas 5, Ustadzah Pembimbing kamar, Ustadzah Wali kelas sampai Ustadzah Pembimbing Pengasuhan. Ketiga, Penyelesaian konflik di Pondok Pesantren menggunakan pola penyelesaian dengan cara mediasi apabila konflik antar pribadi, diatasi oleh teman dan pembimbing kelas 5. Penyelesaian konflik dengan cara arbitrasi apabila konflik antar rasial, dan konflik antar kelas-kelas santriwati dan diatasi oleh Ustadzah pembimbing kamar dan Ustadzah wali kelas. Penyelesaian konflik dengan cara konsiliasi apabila konflik antar kelompok-kelompok sosial sehingga psikologis dan sosial santriwati terganggu, yang biasa diatasi oleh Ustadzah pembimbing pengasuhan karena Ustadzah pembimbing pengasuhan adalah suatu lembaga di Pondok Pesantren Gontor yang mempunyai tugas khusus untuk menyelesaikan konflik santriwati. ***** This study aims to describe and analyze about conflict that occurred in the boarding school. After that, to know, to describe and analyze the patterns of conflict resolution used in boarding schools. The methods used in this research is descriptive qualitative approach method. With this study, researchers can obtain deeper information from informant research. Source data obatained from interviews, questionnaires, observation, and studies of the literature. After all of the data were collected, then researchers manage such data. The results of this showed that : Frist, conflict at the Boarding School at Gontor is interpersonal conflict, rasial conflict, conflict between students classes and the conflict between social groups. Second, the Boarding School Gontor has a system of conflict resolution in a hierarchical and neatly arranged way in a complete range from grade 5 friends or menthor, tutors rooms Ustadzah homeroom until ustadzah parenting mentor. Third, the resolution of conflict in Boarding School with a mediation when conflict between personal, overcome by his friend and mentor class 5. Conflict resolution by way of arbitration when inter racial conflict and the conflict between the classes students and overcome by ustadzah room supervisor and ustadzah homeroom. Conflict resolution by way of conciliation in case of conflict between social groups so disturbed psychological and social students, is commonly for addressted by ustadzah supervisor/counselor. The Islamic boarding school has organized body for conflict resolution

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sari Narulita, M.Si 2). Rihlah Nur Aulia, M.A
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:44
Last Modified: 03 Aug 2022 03:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32244

Actions (login required)

View Item View Item