EFEKTIVITAS METODE CERAMAH PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI

FITRA APRILLONA, . (2013) EFEKTIVITAS METODE CERAMAH PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (680kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (13kB)
[img] Text
MOTTOdan hlmn persembahan.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai efektivitas metode ceramah pada pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 99 Jakarta dengan studi kasus di kelas XE, XI IPS 3 dan XII IPS 2. Bagaimana penerapan metode ceramah di dalam kelas khususnya pada mata pelajaran sosiologi,dan apakah pengaplikasian metode ceramah dalam pembelajaran sosiologi yang digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar sudah dapat dikatakan efektif. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus untuk menjabarkan isi penelitian. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara langsung kepada siswa kelas XE, XI IPS 3 dan XII IPS 2 serta guru pengampu mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 99 Jakarta. Selama proses penelitian dalam observasi langsung di lapangan peneliti mendapatkan gambaran kegiatan dan kondisi yang sesungguhnya terjadi di dalam kelas selama proses pembelajaran sosiologi. Selama proses pembelajaran sosiologi berlangsung pola komunikasi yang terjadi antara guru dan siswa adalah satu arah yang merupakan bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada guru. Hasil penelitian di lapangan menemukan, dalam proses pembelajaran sosiologi metode yang digunakan oleh guru pengampu sosologi di SMA Negeri 99 Jakarta adalah efektif. Hal ini terlihat dari studi deskriptif di kelas saat pelajaran sosiologi berlangsung memenuhi beberapa kriteria dan indikator efektivitas metode pembelajaran berdasarkan nilai hasil belajar siswa yang diukur dengan KKM (Ketentuan Ketuntasan Minimum) yang menunjukan metode pembelajaran yang efektif. Dalam pembelajaran yang berlangsung aktivitas siswa terarah dengan baik dan kondusif karena,metode ceramah ini memudahkan guru untuk mengontrol segala aktifitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Siswa lebih mudah memahami materi karena, materi yang disampaikan adalah materi pelajaran yang sudah jadi, yang tidak menuntut siswa untuk berpikir ulang. Guru memiliki kemampuan berbicara yang baik sehingga memberi motivasi kepada siswa yang mampu mendukung terciptanya pembelajaran efektif. Sumber media belajar yang terbatas dimana tidak tersedianya bahan bacaan yang berhubungan dengan materi pelajaran, maka guru langsung memberikan penjelasan kepada siswa melalui metode ceramah, sehingga kegiatan belajar mengajar tidak terganggu dan dapat optimal. Efektifnya metode ceramah dalam pembelajaran sosiologi, merupakan refleksi dari beberapa kelebihan yang dimiliki metode ceramah. Metode ceramah sangat tepat dipergunakan untuk memenuhi kawasan kognitif yang berpengaruh besar pada hasil belajar siswa yang menjadi ukuran tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai kriteria ketuntasan minimum yang telah ditetapkan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eman Surachman, M.M. ; 2). Rusfadia Saktiyanti, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2022 00:27
Last Modified: 04 Aug 2022 00:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32286

Actions (login required)

View Item View Item