PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANGGOTA ORGANISASI (OCB) PADA KARYAWAN PT METRO POS DI JAKARTA

WIWID HANDAYANI, . (2012) PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANGGOTA ORGANISASI (OCB) PADA KARYAWAN PT METRO POS DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
WIWID HANDAYANI.pdf

Download (655kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi (OCB). Penelitian ini dilakukan selama dua bulan terhitung sejak bulan Juni sampai dengan Juli 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei melalui pendekatan kausalitas. Populasi penelitian adalah karyawan PT Metro Pos. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proporsional acak sederhana (Proportional Random Sampling) sebanyak 58 sampel. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X1 (Kepuasan Kerja, variabel X2 (Komitmen Organisasi) dan variabel Y (OCB) diukur dengan menggunakan skala Likert. Pengolahan data dengan menggunakan program SPSS V 19.0. Dari hasil uji F diketahui Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi secara serentak memiliki pengaruh terhadap OCB yang dilihat dari Fhitung (43,900) > Ftabel (3,165). Lalu secara parsial variabel Kepuasan Kerja memiliki thitung (5,331) > ttabel (1,673). Dapat diketahui Kepuasan Kerja memilki pengaruh positif yang signifikan terhadap OCB. Komitmen Organisasi memiliki thitung (2,484) > ttabel (1,673). Dapat diketahui komitmen organisasi mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap OCB. Adapun nilai R2 sebesar 0,615 yang artinya bahwa OCB dapat dijelaskan oleh variabel kepuasan kerja dan komitmen organisasi sebesar 61,5 % dan sisanya 38,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. ***** This study aims to determine the Influence of Job Satisfaction and Organizational Commitment toward Organizational Citizenship Behavior (OCB). This research was conducted over two months from June to July 201. The research method used is survey method through causality approach. The study population is an employee of PT Metro Pos. The sampling technique is simple random proportional technique (Proportional random sampling) as many as 58 samples. The instrument used to obtain data on the X1 variable (Job Satisfaction), X2 (Organizational Commitment) and Y variable (OCB) was measured using a Likert scale. Data account which used is SPSS 19.0. From the results of F test, found that Job Satisfaction and Organizational Commitment simultaneously influence to OCB seen from Fcount (43,900) > Ftable (3,165). Then partially, Job Satisfaction has tcount (5,331) > ttable (1,673). That means that Job Satisfaction has a significant positive effect to OCB. Organizational Commitment has tcount (2,484) > ttable (1,673). That means that Organizational Commitment has significant positive effect to OCB. Beside that, the result of R2 equal to 0,615 which means that Job Satisfaction and Organizational Commitment can explained OCB equal 61,5% and 38,5% explained with another variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sudarti, ; 2). Umi Widyastuti, SE..ME.,
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:13
Last Modified: 04 Aug 2022 02:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32303

Actions (login required)

View Item View Item