UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 54 JAKARTA

RESIVA DIANA WATI KARLIMAH, . (2013) UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 54 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I revisi.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB III REVISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB IV revisi.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB II revisi.pdf

Download (40kB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (24kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR(1).pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
new abstrak.pdf

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Upaya apa saja yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 54 Jakarta, (2) Apakah ada peningkatan minat siswa setelah dilakukan upaya-upaya oleh guru dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan pendekatan induktif. Penelitian ini menggunakan teori menurut Andi Mappiare, minat adalah suatu perangkat mental yang terdiri dari suatu campuran dari perasaan, harapan, pendirian, prasangka, rasa takut atau kecenderungan-kecenderungan lain yang mengarahkan individu kepada suatu pilihan tertentu. Berdasarkan metode dan teori tersebut penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran PAI kategori cukup baik, Upaya yang dilakukan oleh Guru PAI di SMA Negeri 54 Jakarta diantaranya adalah mendorong dan memotivasi siswa agar dapat belajar PAI secara baik dengan cara memberikan materi yang tidak sulit dan tidak mudah serta disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan dari peserta didik. Dalam rangka untuk meningkatkan minat belajar PAI siswa, maka perlu adanya berbagai metode, artinya seorang guru harus bisa memvariasikan antara berbagai metode dan dapat menyeimbangkan antara metode dengan materi, antara metode dengan media, antara media dengan materi, (2) Terbukti terdapat peningkatan minat siswa setelah dilakukan upaya-upaya oleh guru dalam pembelajaran PAI yaitu minat siswa meningkat dalam pembelajaran terlihat dari keaktifan siswa di kelas saat bertanya oleh guru selain itu nilai ulangan harian dan semester yang menghasilkan nilai yang baik. Peningkatan siswa juga dapat dilihat dari hasil angket yang menghasilkan jawaban positif atau selalu menunjukkan angka prosentase berkisar antara 57,4 % - 93,4 %. Berdasarkan hasil penelitian terbukti upaya-upaya guru dalam meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran PAI cukup baik dan menghasilkan peningkatan minat pembelajaran pada siswa hal ini dapat dilihat dari hasil angket yang menghasilkan jawaban positif atau selalu menunjukkan angka prosentase berkisar antara 57,4 % - 93,4 %. penelitian ini memberikan saran agar sebisa mungkin seorang guru PAI bisa memberi perhatian khusus pada siswa yang kurang berminat terhadap pelajaran PAI dengan cara selalu memberi motivasi sehingga siswa bisa berminat untuk mempelajari PAI. ***** This study aimed to determine: (1) What efforts are made by PAI teachers in improving students' interest in learning PAI in SMAN 54 Jakarta, (2) Is there an increase in student interest after efforts by the teacher in the learning PAI. This study uses field research (field research) This study used a qualitative descriptive analysis techniques. The research data were collected and analyzed using the approach of deductive and inductive approaches. This research used theory by Andi Mappiare, interest is a mental device that consists of a mixture of feelings, hope, conviction, prejudice, fear or other tendencies that lead an individual to a particular option. Based on the method and theory of this study can be summarized as follows: (1) the efforts of teachers to increase students' interest in learning PAI category quite well, efforts made by the Teacher PAI in SMAN 54 Jakarta them is to encourage and motivate students to learn PAI is either by way of providing materials that are not difficult and not easy, and adjusted to the wishes and needs of the learners. In order to increase students' interest in learning PAI, it is necessary the existence of a variety of methods, which means that a teacher should be able to vary between the various methods and the material balance method, the method of the media, the media with the material, (2) Evidently there is an increasing interest in students after efforts by the teacher in the learning PAI increased student interest in learning visible from student activity in the classroom when asked by the teacher other than that daily tests and semester grade that produces good value. Increased student can also be seen from the results of the questionnaire that produces a positive answer or always showed the percentage ranged from 57.4% - 93.4%. Based on the results of the study proved the efforts of teachers to increase students 'interest in learning PAI quite well and resulted in an increase in students' interest in learning this can be seen from the results of the questionnaire that produces a positive answer or always showed the percentage ranged from 57.4% - 93.4 %. this study suggest that as much as possible an Islamic teacher can give special attention to students who are less interested in the subject PAI always motivating way so that students can be interested to learn the PAI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Syamsul Arifin, S.Ag., M.Si. ; 2). Yusuf Ismail, M. A.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:42
Last Modified: 05 Aug 2022 02:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32335

Actions (login required)

View Item View Item