TRI WAHYUNI, . (2013) KEPRAMUKAAN SEBAGAI AGEN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 1-5.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK - DAFTAR ISI.pdf Download (521kB) |
|
Text
LAMPIRAN - HASIL WAWANCARA.pdf Download (207kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
LAMPIRAN - DOKUMENTASI.pdf Download (633kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (69kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan kepramukaan SMA Negeri 93 sebagai wahana pembentukan karakter siswa. Pada SMAN 93 ini kepramukaan menjadi kegiatan wajib bagi seluruh siswa kelas X. Sehingga tidak hanya menggunakan seragam pramuka saja, namun juga melaksanakan kegiatan kepramukaan. Proses sosialisasi nilai�nilai karakter dalam kegiatan kepramukaan SMAN 93 juga dideskripsikan. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan kepramukaan berhasil dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu menggambarkan keadaan subjek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Informan dari penelitian ini terdiri dari 3 informan kunci yaitu pembina pramuka, pembina pramuka pria dan pembina pramuka putri, 5 orang dewan ambalan penegak, 5 orang siswa kelas XI yang tidak tergabung dalam dewan ambalan penegak dan 5 orang siswa kelas X. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam program kegiatan yang dilaksanakan pada kepramukaan SMA Negeri 93 memiliki nilai-nilai karakter yang baik bagi pembentukan karakter siswa. Terdapat proses sosialisasi nilai-nilai karakter dalam 10 program kegiatannya yaitu tali temali, pembidaian, PBB, ragam sandi, upacara siaga dan penggalang, PUPK, pelantikan bantara, magang di SD dan perlombaan zelga scout. Kegiatan kepramukan ini menjadi salah satu bentuk aplikasi dari konsep pendidikan karakter. Melalui strategi pendekatan penanaman nilai menurut Superka ini dapat mendukung pendidikan karakter dalam kegiatan kepramukaan. Nilai-nilainya berpedoman pada Tri Satya dan Dasa Darma yang menjadi kode kehormatan gerakan pramuka. Selain itu juga memperlihatkan bahwa kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan berhasil dalam membentuk karakter siswa. Hal ini terlihat dari perbandingan nilai karakter yang sama antara siswa kelas X yang wajib mengikuti kegiatan kepramukaan dengan siswa kelas XI yang telah mengikutinya saat kelas X. Adapun dari 21 nilai karakter terdapat 17 nilai yang terbentuk pada siswa kelas X, sedangkan pada siswa kelas XI hanya 16 nilai saja
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Komarudin, M. Si ; 2). Abdil Mughis, M. Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 14685 not found. |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 02:59 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 02:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32356 |
Actions (login required)
View Item |