MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI SENI TARI KREASI BETAWI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Tunagrahita Kelas IV Di SDLB C Budi Daya, Cijantung, Jakarta Timur )

ANGGIE SUSILAWATI, . (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI SENI TARI KREASI BETAWI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Tunagrahita Kelas IV Di SDLB C Budi Daya, Cijantung, Jakarta Timur ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IIIagain.pdf

Download (70kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
bab ivaa.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I1.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB II.docb..pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (15kB)
[img] Text
coverr.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB Va.pdf

Download (17kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (11kB)
[img] Text
lembar persetujuan.pdf

Download (207kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah seni tari kreasi Betawi dapat meningkatkan keterampilan motorik halus siswa tunagrahita kelas IV di SDLB C Budi Daya Cijantung, Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga November 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas IV SLB C Budi Daya Cijantung sebanyak 6 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi yang didapat dari catatan lapangan, tes unjuk kerja, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti menetapkan kriteria ketuntasan minimal adalah memantabkan gerakan motorik halus. Dari hasil tes awal diperoleh bahwa 4 siswa telah mencapai tahap manipulasi gerakan sedangkan 2 siswa masih dalam tahap peniruan berarti masih dibawah ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada akhir siklus II diperoleh data bahwa 4 siswa telah mencapai tahap naturalisasi gerakan-gerakan tari sedangkan 2 siswa telah pada tahap ketetapan gerakan-gerakan tari yang artinya semua siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan.Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa seni tari kreasi dapat meningkatkan keterampilan motorik halus siswa tunagrahita kelas IV di SDLB C Budi Daya Cijantung, Jakarta Timur. This study aimed to determine whether Betawi creation dance can improve fine motor skills in the fourth grade students tunagrahita SDLB C Cijantung Budi Daya, East Jakarta. The research was conducted in July and November 2011 with the fourth grade students study subjects SLB C Cijantung Budi Daya as 6 students. The research was conducted by 2 cycles. Each cycle using the action procedure action planning, action, observation, reflection and action. Data analysis in this study uses triangulation obtained from field notes, test performance, documentation, and interviews. Researchers set a minimum completeness criteria are solidified fine motor movement. From the initial results obtained that 4 students have reached the stage of manipulation movements while 2 students are still in the stage of imitation means still below a predetermined minimum passing grade. After the end of the action research cycle II data showed that 4 students have reached the stage of naturalization dance movements while 2 students have the determination stage dance movements, which means all students have met the minimum criteria that have ditentukan.Kesimpulan completeness of the results of research this is the creation of dance can improve fine motor skills in the fourth grade students tunagrahita SDLB C Cijantung Budi Daya, East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Tri Sediyani, M.Pd. ; 2). Dra. Wuryani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2022 06:25
Last Modified: 05 Aug 2022 06:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32364

Actions (login required)

View Item View Item