PENGEMBANGAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA KOREA TINGKAT DASAR

ANNIDHA WULANDARI, . (2013) PENGEMBANGAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA KOREA TINGKAT DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
-ANNIDHA- COVER SIDANG-DAFTAR ISI.pdf

Download (363kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 1-5 CAI BHS KOREA - ANNIDHA - TP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbantuan komputer (Computer Assisted Instruction) yang dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik dasar satu di lembaga bahasa Korea “Konsa”. Dipilihnya media berbentuk CAI dikarenakan memiliki keunggulan yaitu bersifat lebih interaktif dan memiliki unsur media yang lengkap. Pengembangan ini menggunakan model Multimedia Based Instructional yang terdiri dari Analysis, Design, Development and Implementation, dan Evaluation. Pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa computer assisted intruction (CAI) untuk pembelajaran bahasa Korea tingkat dasar dengan format penyajian tutorial. CAI ini dikemas dalam bentuk CD (Compact Disc) yang berisi tentang materi dasar membaca huruf hangeul yang terdiri dari huruf vokal dan konsonan. Evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi formatif dengan menggunakan kuesioner untuk melihat kualitas media oleh ahli media, ahli desain pembelajaran dan ahli materi. Setelah dilakukan revisi berdasarkan masukan dari setiap ahli, kemudian dilakukan ujicoba kepada peserta didik yang tahapannya terdiri dari one-to-one, small group dan field test. Setiap tahapan dilakukan revisi. Pada field test digunakan juga instrumen tes untuk melihat ketercapain tujuan pembelajaran dari produk CAI. Hasil pengembangan ini menunjukan bahwa pengembangan media CAI dapat memecahkan masalah belajar pada peserta didik di lembaga bahasa korea “Konsa”. Hasil pengembangan ini berimplikasi secara khusus pada peningkatan kemampuan membaca huruf hangeul untuk peserta didik tingkat dasar satu pada lembaga bahasa korea “Konsa” dan kemandirian belajar peminat bahasa korea dalam mempelajari huruf hangeul tanpa tergantung pada pengajar. ****** This development is aimed to produce a computer assisted instruction. CAI can be used independently by first grade elementary students in Korean language institute "Konsa”. Media in the form of CAI is chosen because CAI has some advantages, such as it is interactive and it has completeness of media elements. The method used in this development is a Multimedia-Based Instructional models consisting of Analysis, Development, Design and Implementation, and Evaluation. This development is produce a computer assisted instruction for basic korean language learning with tutorial format. CAI is packaged in a CD (Compact Disc) which contains the basic material to read hangeul letters consisting of vowels and consonants. Evaluation is formative evaluation conducted by using a questionnaires to look at the quality of media by media experts, instructional design expert. and materials expert. After revisions based on feedback from each experts, then do tests to basic korean language learning, consisting of one-to-one, small group and field tests at each step of also be revised. In the field test also uses instrument test to see attainment of learning objectives CAI products. The result of this development of the CAI media can solve the problems of students in learning at “Konsa” Korean language institute. The result of this development implies specifically on improving the hangeul letters reading skills of students from elementary level at “Konsa” Korean language institute and the independent learning of Korean language enthusiasts in learning hangeul letters without depending on teacher.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd.; 2). Cecep Kustandi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:55
Last Modified: 09 Aug 2022 02:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32368

Actions (login required)

View Item View Item