PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 91 JAKARTA

ROKHMATUNNISA FEBRIANI, . (2015) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 91 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. Lembar Pengesahan SKRIPSII.pdf

Download (99kB)
[img] Text
3. SKRIPSI.pdf

Download (333kB)
[img] Text
9. daftar riwayat hidup.pdf

Download (114kB)
[img] Text
1. cover.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa kelasVIII di SMPN 91 Jakarta Timur pada Materi Sistem perekonomian dan pelaku kegiatan perekonomian. Penelitian dilakukan selama 2 Bulan dari bulan Maret sampai bulan April. Metode penelitan adalah metode Quasy Experimental dengan rancangan penelitian pre test and postest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 91 Jakarta Timur tahun ajaran2013/2014, Sampel dari penelitian ini adalah sebagian anggota populasi target yang diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling diperoleh yaitu kelas VIII A yang berjumlah 30 orang yang merupakan kelas control dan Kelas VIII B yang berjumlah 30 orang merupakan kelas eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa butir soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata pre test 70,266 dan diperoleh skor post test 76,53. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pre test sebesar 76,267 dan diperoleh skor post test sebesar 83,0667 Hasil Uji Prasyarat data menggunakan SPSS versi 17.0 dengan pengujian Kolmogorov-Smirnov (1-Sample-KS) pada taraf signifikan α = 0,005 atau pada interval kepercayaan 95% menunjukkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Diperoleh nilai Fhitung (0,05) >Fkriteria (0,01) sehingga dapat disimpulkan data hasil belajar siswa kedua kelas homogen. Berdasarkan hasil analisis data dengan Independent t test menggunakan SPSS versi 17.0 pada taraf signifikasi 0,95% diperoleh nilai t (0,119) >tkritria (0,005). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share pada siswa kelas VIII di SMPN 91 Jakarta Timur pada Materi Sistem perekonomian dan pelaku kegiatan perekonomian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Muchtar, M.Si., ; 2). Andri Rivelino S.E, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:00
Last Modified: 08 Aug 2022 03:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32372

Actions (login required)

View Item View Item