PENERAPAN METODE MENGAJAR LATIHAN PADA PEMBELAJARAN SERVIS BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 97 JAKARTA TIMUR

AFRIMARTA AULIA, . (2013) PENERAPAN METODE MENGAJAR LATIHAN PADA PEMBELAJARAN SERVIS BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 97 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III edit.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV AFRI edit.pdf

Download (131kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB II baru edit.pdf

Download (245kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (64kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (61kB)
[img] Text
Daftar Isi edit.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB I edit.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan,memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran servis bawah bola voli pada siswa kelas VIII. Penelitian ini dilakukan di SMPN 97 Jakarta Timur. Pelaksanaan penelitian dimulai bulan September 2012 dan dilaksanakan sebanyak 4(empat) kali pertemuan, dan metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan (Action Research) dengan metode mengajar latihan. Peneliti melakukan observasi awal pada kelas VIII SMPN 97 Jakarta Timur untuk mengidentifikasi kondisi kemampuan awal pembelajaran Pendidikan Jasmani materi servis bawah bola voli. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 97 Jakarta Timur sebanyak 40 orang siswa. Tujuan dalam pembelajaran ini,khusus untuk peneliti adalah siswasiswi mampu dan memahami sikap dan teknik dasar yang ada pada servis bawah bola voli. Mulai dari sikap awalan,pandangan,perkenaan,dan gerakan lanjutan lalu kembali ke posisi awal sehingga siswa mampu mencapai prosentase diatas rata-rata dan dianggap mampu melakukan gerakan servis bawah bola voli sesuai yang diberikan oleh guru pendidkan jasmani. Dari siklus I keberhasilan siswa 55% artinya hanya 18 orang yang mencapai KKM, dimana KKMnya adalah 70. Melihat dari siklus I peneliti kemudian melakukan penelitian lanjutan di siklus II dengan menerapkan metode mengajar latihan. Hasil yang diperoleh dari siklus II ini sangat memuaskan karena siswa berhasil mencapai KKM 87,5% yaitu 35 orang siswa. iii Disamping itu dalam metode mengajar latihan guru dapat memberikan materi servis bawah bola voli dengan baik dan benar,sehingga siswa paham dan mengerti mulai dari sikap awalan,pandangan,perkenaan,gerakan lanjutan,dan kembali pada posisi awal. Oleh sebab itu KKM yang ditetapkan sekolah dapat terpenuhi secara keseluruhan. Maka dapat disimpulkan bahwa metode mengajar latihan bagus dan baik diterapkan dalam pembelajaran servis bawah bola voli bagi kelas VIII SMPN 97 Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr.H. Samsudin, M.Pd. ; 2) Drs. Mustara Musa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:31
Last Modified: 09 Aug 2022 02:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32388

Actions (login required)

View Item View Item