PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PENEMPATAN BERBANTU KOMPUTER UNTUK ANAK USIA 6-12 TAHUN DI LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS

CHAERY AMALIA ANSHARY, . (2013) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PENEMPATAN BERBANTU KOMPUTER UNTUK ANAK USIA 6-12 TAHUN DI LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (168kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (156kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes penempatan berbantu komputer untuk anak usia 6-12 tahun di lembaga kursus bahasa Inggris. Penelitian pengembangan ini dilakukan di lembaga kursus Cambridge School of English cabang Jatiwarna, Bekasi. Penelitian pengembangan ini dilakukan karena adanya masalah keberagaman tingkat kemampuan bahasa Inggris siswa dalam satu level pembelajaran khususnya level untuk anak usia 6-12 tahun. Hal ini disebabkan karena siswa tidak dites kemampuannya secara khusus melainkan hanya dilakukan observasi oleh guru (trial) sehingga proses pembelajaran mengalami kendala. Penelitian mengacu pada kombinasi model pengembangan Borg dan Gall dan model pengembangan instrumen M. Atwi Suparman. Tahapannya yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji lapangan awal, revisi produk utama, uji lapangan utama, revisi produk operasional, uji lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Pada tahap pengembangan bentuk awal produk digunakan tahapan model pengembangan instrumen M. Atwi Suparman yang meliputi tahap membuat tabel spesifikasi, menulis butir tes, merakit tes, menulis petunjuk, dan menulis kunci jawaban, sehingga tahapannya lebih spesifik pada produk yang dikembangkan. Instrumen tes penempatan ini telah melalui tahap evaluasi expert review yang dilakukan oleh dua orang ahli materi, dua orang ahli evaluasi, dan satu orang ahli desain visual. Tahap evaluasi small group yang dilakukan oleh responden yaitu calon siswa usia 6-12 tahun yang akan belajar di lembaga kursus. Tahap evaluasi field test yang dilakukan oleh responden sejenis. Instrumen tersebut telah melalui prosedur pengembangan yang sistematis dan memenuhi persyaratan evaluasi sehingga dapat digunakan untuk menempatkan calon siswa usia 6-12 tahun di lembaga kursus bahasa Inggris. This research and development purposes to produce a computer-assisted placement test instrument for 6-12 year children in an English course. It’s conducted at Cambridge School of English course branches Jatiwarna, Bekasi. It’s conducted because there’s a problem of diversity of students’ English proficiency in the same level specially in the levels for 6-12 year children. It’s because the students are not specifically tested for their english proficiency but simply observed by the teacher (trial) so that the learning process constrained. This research and development refers to the combination of Borg and Gall development model and M. Atwi Suparman instrument development model. The stages are research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, and final product revision. In the develop preliminary form of product stage used the M. Atwi. Suparman instrument development model stages which includes the stages of creating a table of spesification, writing test items, assambling the test, writing test instructions, and writing answer key, so it’s more specific to the product. This placement test instrument has been evaluated in expert review stage by two material experts, two evaluation experts, and a visual design expert. In small group stage by the respondents who are the students that will be studying at the English course. In field test stage by the similar respondents. The instrument has been through a systematic development procedure and met the requirements of evaluation so it can be used to place the 6-12 year students in English course.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar ; 2). Retno Widyaningrum, S.IKom., M.M.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:03
Last Modified: 09 Aug 2022 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32422

Actions (login required)

View Item View Item