HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS (Studi Korelasional Terhadap Warga Belajar Kesetaraan Kejar Paket C di PKBM 16, Rawasari Jakarta Pusat )

DESYANA, . (2013) HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS (Studi Korelasional Terhadap Warga Belajar Kesetaraan Kejar Paket C di PKBM 16, Rawasari Jakarta Pusat ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (505kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (569kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
dapus fix.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Cover FIX.pdf

Download (15kB)

Abstract

Komunikasi merupakan komponen yang penting dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Terutama terjalinnya komunikasi interpersonal dalam pembelajaran bahasa inggris. Karena dengan tercipta nya komunikasi interpersonal yang baik maka akan mempengaruhi motivasi belajar para warga belajar. Sehingga dengan membaiknya motivasi belajar maka akan meningkatkan hasil belajar bahasa ingggris kejar paket C. Berdasarkan dari permasalahan yang ada diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara efektivitas komunikasi interpersonal dan motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa inggris kejar paket C. Penelitian ini dilaksanakan di PKBM Negeri 16 Rawasari Jakarta Pusat sejak bulan Februari 2013 hingga Juni 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian survei dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan posttest kepada 30 responden warga belajar. Pengambilan sampel menggunakan teknik sistematic random sampling. Metode pengambilan data menggunakan teknik angket tertutup. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson dimana perhitungannya menggunakan perhitungan manual. Hasil perhitungan koefisien korelasi diketahui rhitung pada X1 = 0,576 dan rhitung X2=0,469, sementara itu hasil pengujian signifikan koefisien korelasi dengan uji t one sample test diperoleh thitung X1= 3,73 dan ttabel X2 = 2,81 sedangkan ttabel = 1,70. Sementara itu koefisien determinasi untuk kedua variabel bebas diperoleh angka sebesar 55,2%. Ini berarti bahwa kontribusi hubungan antara efektifias komunikasi interpersonal dan motivasi belajar sebagai variabel bebas satu 33,2% dan variabel bebas dua adalah 22% sedangkan 44,8% ditentukan oleh faktor lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapatnya hubungan positif dan signfikansi antara efektivitas komunikasi interpersonal dan motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa inggris kejar paket C. Implikasi penelitian ini yaitu faktor yang berkontribusi terhadap hasil belajar adalah adanya komunikasi interpersonal dan motivasi belajar. Semakin tinggi komunikasi interpersonal dan motivasi belajar maka semakin tinggi pula hasil belajar bahasa inggris kejar paket C. This study aims to obtain the data empirical to know whether there is relation between effectiveness of communication interpersonal and motivation learn with againts learn english chase each package C. This study was held in PKBM State 16 Rawasari Central Jakarta District since February 2013 to June 2013. The method used in this study are correlational survey research approach. The data was collected using a questionnaire and posttest to the 30 respondents of the student. Sistematic sampling using random sampling because the respondents in this study are homogeneous good of education, average age, and gender. The data collection method using a closed questionnaire technique using a Rating Scale. The method of data collection using a closed technique using scale questionnaire Rating Scale. Calculation results are known rhitung correlation coefficient = 0.576, while the correlation coefficient test results significant by t test obtained t = 3.73 and t table = 1.70. While the coefficient of determination for the two independent variables derived figure of 55.2%. This means that the contribution efektifias relation between interpersonal communication and motivation as one and two independent variables is 55.2%, while 44.8% is determined by other factors. Conclusions derived from this study is the presence of a positive relation between and signfikansi between the effectiveness of interpersonal communication and motivation to learn the results of English learning Packet C in PKBM State 16, Rawasari Jakarta Pusat. Implications of this study are the factors that contribute to learning outcomes is the presence of interpersonal communication and motivation to learn. The higher the interpersonal communication and motivation, the higher the learning outcomes of English result.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Ma’ruf Akbar, M,Pd ; 2). Dr.Elais Retnowati, M,Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2022 05:45
Last Modified: 10 Aug 2022 05:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32440

Actions (login required)

View Item View Item