HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN MENTENG ATAS KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN

DIANA ARDIANT, . (2013) HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN MENTENG ATAS KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (116kB)
[img] Text
1COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK, DAFTAR ISI, KATA PENGANTAR.pdf

Download (238kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan matematika dengan kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Kelurahan Menteng Atas Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas V SDN Menteng Atas 11 Pagi, SDN Menteng Atas 12 Pagi, dan SDN Menteng Atas 17 Pagi dengan jumlah keseluruhan 105 responden. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan dua instrumen yaitu angket kecemasan matematika untuk mengukur variabel X (kecemasan matematis) dan tes berupa soal untuk mengukur variabel Y (kemampuan pemahaman matematis). Persamaan korelasi menggunakan korelasi Pearson Product Moment untuk mencari hubungan variabel X dengan variabel Y. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data didapatkan koefisien korelasi antara kecemasan matematika dengan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas V SD di Kelurahan Menteng Atas Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan sebesar -0,562. Koefisien tersebut menunjukkan pada interval kategori hubungan yang sedang dan harga negatif menunjukkan hubungan tersebut berbanding terbalik. Semakin tinggi kecemasan matematika maka kemampuan pemahaman matematis siswa semakin rendah. Begitu pun sebaliknya, semakin rendah kecemasan matematika maka kemampuan pemahaman matematis siswa semakin tinggi. Adapun persentase besar variasi kecemasan matematika terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa sebesar 31,54% dan itu artinya masih terdapat 68,46% faktor lain yang mempengaruhi tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd ; 2). Ika Lestari, S.Pd, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:11
Last Modified: 16 Aug 2022 06:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32523

Actions (login required)

View Item View Item