MODEL BELAJAR TEKNIK DASAR PENJAGA GAWANG HOCKEY PEMULA PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS

IRA PERMATA SARI, . (2022) MODEL BELAJAR TEKNIK DASAR PENJAGA GAWANG HOCKEY PEMULA PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER REPOSITORI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (132kB)
[img] Text
LAMPIRAN REPOSITORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan membuat model belajar teknik dasar penjaga gawang hockey pemula pada peserta ekstrakurikuler tingkat sekolah menengah atas diharapkan dapat menjadi bentuk pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler hockey, sehingga dapat menghilangkan kebosanan dan kejenuhan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan ADDIE yang akan menghasilkan produk berupa desain pembelajaran. Model ADDIE memiliki lima langkah yaitu sebagai berikut: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Pada penelitian ini peneliti bekerja sama dengan ahli dalam bidang hockey, ahli belajar dan ahli permainan sebagai expert judgment. Uji validasi yang digunakan pada penilaian ini adalah dengan uji justifikasi ahli, dimana model belajar teknik dasar penjaga gawang hockey pada permainan yang telah dibuat kemudian dikonsultasikan dan setelah itu dinilai oleh dosen ahli hockey, ahli belajar, dan ahli permainn. Pembuatan awal model belajar teknik dasar penjaga gawang hockey menggunakan 27 model setelah itu di validasi dan yang layak 25 model. Berikutnya diimplementasikan dengan jumlah sampel 12 siswa di 4 sekolah menengah atas daerah Kab.Tangerang yang sudah ada ekstrakurikuler hockey yaitu SMA Negeri 4 Kab.Tangerang, SMA Negeri 6 Kab.Tangerang, SMA Negeri 13 Kab.Tangerang, dan SMA Negeri 14 Kab.Tangerang. Model belajar teknik dasar penjaga gawang hockey pemula pada peserta ekstrakurikuler tingkat sekolah menengah atas ini dapat dijadikan referensi guru, Pembina, dan pelatih ekstrakurikuler hockey dalam proses pembelajaran khususnya penjaga gawang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setelah melalui uji validasi dengan justifikasi ahli, menghasilkan produk model belajar teknik dasar penjaga gawang hockey pemula pada peserta ekstrakurikuler tingkat sekolah menengah atassebanyak 25 model. Kata Kunci: Model belajar, teknik dasar penjaga gawang hockey, SMA Negeri 4 Kab.Tangerang, SMA Negeri 6 Kab.Tangerang, SMA Negeri 13 Kab.Tangerang, SMA Negeri 14 Kab.Tangerang ********** ABSTRACT The purpose of this study to create a learning model of the basic technique of hockey goalkeeper for high school extracurricular participants, which is expected to be a fun and interesting form of learning for students in participating in hockey extracurricular activities, so as to eliminate boredom and saturation in the learning process. This research uses ADDIE development research which will produce a product in the form of learning design. The ADDIE model It has five steps, namely: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. In this study, the researchers collaborated with experts in the field of hockey, learning experts and game experts as expert judgments. The validation test used in this assessment is the expert justification test, where the model learns the basic techniques of hockey goalkeepers in the game that has been made then consulted and after that is assessed by hockey expert lecturers, learning experts, and game experts. The initial model of learning the basic technique of hockey goalkeeper used 27 models after which it was validated and 25 models were feasible. Furthermore, it was carried out with a sample of 12 students in 4 high schools in Tangerang Regency who already had hockey extracurriculars, namely SMA Negeri 4 Kab.Tangerang, SMA Negeri 6 Kab.Tangerang, SMA Negeri 13 Kab.Tangerang, and SMA Negeri 14 Kab.Tangerang. This learning model for beginner hockey goalkeeper basic techniques for high school extracurricular participants can be used as a reference for teachers, coaches, and hockey extracurricular coaches in the learning process, especially goalkeepers. The results of this study can be concluded that after going through a validation test with expert justification, there are 25 models of learning model products for beginner hockey goalkeepers for high school extracurricular participants

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eka Fitiri Novita Sari, M.Pd. ; 2). Rizky Nurulfa, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 14738 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:17
Last Modified: 15 Aug 2022 01:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32551

Actions (login required)

View Item View Item