NURHADIJAH, . (2013) PENGEMBANGAN RENCANA KEGIATAN MINGGUAN DAN RENCANA KEGIATAN HARIAN BERBASIS KECERDASAN JAMAK UNTUK TAMAN KANAK-KANAK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf Download (222kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (141kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (105kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (258kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (150kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (88kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (232kB) |
|
Text
RIWAYAT PENULIS.pdf Download (43kB) |
|
Text
cover.pdf Download (10kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan RKM dan RKH berbasis kecerdasan jamak untuk Taman Kanak-kanak, yang siap digunakan oleh guru untuk proses pembelajaran yang diperuntukkan bagi anak di Taman Kanak-kanak kelompok A pada semester 2 dengan tema profesi. Dalam pengembangan ini menggunakan model Dick & Carey sebagai pedoman dalam merancang desain pembelajarannya. Secara umum model pengembangan ini terdiri dari sepuluh langkah. Evaluasi dilakukan dengan melibatkan seorang ahli materi dan seorang ahli pembelajaran. Serta sebelas orang pengguna, yaitu tiga orang pada tahap pada tahap one-to-one evaluation, lima orang pada tahap small group evaluation dan tiga orang pada tahap field test. Penilaian menggunakan skala nilai 1 – 5. Data diperoleh dengan cara memberikan produk dan kuesioner kepada responden untuk dinilai dan direvisi apabila terdapat kekurangan dan kelemahan pada program Dari hasil rekapitulasi, diperoleh skor rata-rata sebesar 3,45 pada review ahli, serta skor rata-rata sebesar 4,0 pada uji coba pengguna. Dari skor yang diperoleh ini, RKM dan RKH Berbasis Kecerdasan Jamak Untuk Taman Kanak-kanak yang dikembangkan dapat dikategorikan baik. Implikasi penelitian ini bagi Guru yaitu dapat digunakan untuk membantu Guru TK kelompok A dalam membuat RKM dan RKH berbasis kecerdasan jamak. Pengembang mengharapkan agar dengan pemanfaatan lebih lanjut terhadap RKM dan RKH ini, maka anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi, bakat, minat dan kecerdasannya yang berbeda-beda. ***** The research aims to produce a Weekly and Daily Activities Plan based on multiple intelligences for Kindergarten, that ready to be used by teacher to the learning process intended for children in kindergarten group A in semester 2 with the theme of profession. This development use a Dick & Carey model as a guide in designing lesson. The evaluation was conducted involving a theory and an education expert. And also eleven users, such as three people on stage of one-to-one evaluation, five people on the small group evaluation phase and three on phase field test. Assessments using a rating scale 1-5. Data obtained by providing products and questionnaire to the respondent to be assessed and revised if there are flaws and weaknesses in the program. Of the recapitulation, obtained an average score of 3.45 on expert reviews, and an average score of 4.0 on the test users. From the scores obtained, Weekly and daily activity planning development based on mutual intelligence for Kindergarten can be categorized either. The implications of this study for teachers that can be used to help the group A kindergarten teacher in the Weekly and daily activity planning development based on multiple intelligence. Developers hope that the further utilization of this Weekly and daily activity planning, then the child can grow and develop in accordance with the potential, talents, interests and anykind intelligence
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. R. A. Hirmana Wargahadibrata, M. Sc. Ed ; 2). Dr. Khaerudin, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 14685 not found. |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 06:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 06:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32584 |
Actions (login required)
View Item |