MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL GAMBAR BERSERI PADA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SLB C Cempaka Putih Jakarta Pusat)

EKA SEPTIAWATI, . (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL GAMBAR BERSERI PADA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SLB C Cempaka Putih Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1 Latar Belakang hal 1.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB 2 Acuaan hal 8.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Aspek Pengamatan 148.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB 1 Lanjutan hal 2.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB 2 Lanjutan hal 9.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB 4 Analisis Hal 62.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB 5 Kesimpulan hal 93.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB 4 Lanjutan hal 63.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB 3 metodologi hal 44.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB 3 Lanjutan hal 45.pdf

Download (116kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (23kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Daftar Pustaka hal 96.pdf

Download (53kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI 1.pdf

Download (68kB)
[img] Text
ABSTRAK dua.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB 5 Lanjutan.pdf

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada siswa tunagrahita sedang kelas IV di SLB C Cempaka Putih Jakarta Pusat dengan menggunakan media audio visual gambar berseri yang dilaksanakan pada bulan Januari – Juni 2013. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus, siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD LB C Cempaka Putih yang mempunyai masalah pada kemampuan bahasa ekspresif sebanyak 5 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan, dokumentasi, dan observasi untuk memperoleh data tentang tindakan dan kemampuan bahasa ekspresif siswa yaitu berupa catatan lapangan. Standar keberhasilan siswa dalam menguasai materi yaitu sebesar 60%. Dari analisis data, diperoleh prosentase kemampuan awal sebesar 26%. Setelah melakukan tindakan di siklus I prosentase menjadi 48%. Dengan begitu, prosentase kenaikan antara kemampuan awal dan siklus I sebesar 22%. Dikarenakan prosentase belum mencapai standar keberhasilan siswa dalam menguasai materi, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II dengan prosentase 75% dengan prosentase kenaikan 27% dari siklus I. Hasil prosentase pada siklus II menunjukan keberhasilan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa media audio visual gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada siswa tunagrahita sedang kelas IV. This study aims to improve the students expressive language skills are class IV moderate mental retardation in SLB C Cempaka Putih, Central Jakarta by using audio-visual media beamed pictures was conducted in January-June 2013. The method used was action research conducted through two cycles, the cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. Subjects were students in fourth grade Primary School white who have had problems with expressive language skills as much as five students. From the data analysis, the percentage obtained initial capability by 26%. After performing the action in the first cycle to 48% percent. By doing so, the percentage increase between the beginning and the ability of the first cycle of 22%. Due to the percentage has not reached the standard of student success in mastering the material, the researchers conducted the action in the second cycle with 75% percent increase in the percentage of 27% of the cycle I. Results show the percentage of success in the second cycle. Thus it can be stated that the audio-visual media beamed images can improve the students expressive language skills are class IV moderate mental retardation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Tri Sediyani, M.Pd.; 2). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:23
Last Modified: 18 Aug 2022 02:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32613

Actions (login required)

View Item View Item