PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENGGUNAAN METODE CERAMAH, DISKUSI & BINGO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR: Penelitian Tindakan di Kelas VII-2 SMP Negeri 13 Bekasi

DARON ALFA, . (2009) PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENGGUNAAN METODE CERAMAH, DISKUSI & BINGO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR: Penelitian Tindakan di Kelas VII-2 SMP Negeri 13 Bekasi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab IV.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Judul,Lembar Pengesahan,Abstrak,Motto dan persembahan, Kata Pengantar,Daftar Isi,Daftar Lampiran.pdf

Download (678kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf

Download (12MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan permainan Bingo dilakukan di SMP Negeri 13 Bekasi yang terletak di Jalan Arbei Raya No. 2 Perumahan Harapan Baru, Bekasi. Penelitian ini terlaksana selama dua bulan dari April hingga Mei 2008. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-2 dengan jumlah 44 siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terbagi menjadi tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peran peneliti dalam penelitian ini sebagai tenaga pengajar dan pengamat penuh (observer partisipan). Peneliti dibantu oleh guru pamong sebagai kolaborator yang juga memiliki peran yang sama sebagai tenaga pengajar tetapi tidak sebagai pengamat. Penilaian hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada penelitian ini dilihat melalui penilaian tes tertulis berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar IPS kelas VII-2 khususnya nilai post-tes dari siklus pertama hingga siklus ketiga yakni dari 64 naik menjadi 68 dan turun menjadi 67, tetapi nilai-nilai tersebut sudah berada di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah untuk mata pelajaran IPS yakni 62. Dengan kata lain rata-rata hasil belajar IPS pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 13 Bekasi telah melampaui KKM yang sudah ditetapkan pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Nurzengky Ibrahim M.M ; 2). Drs. Mustari Sadeli.
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:56
Last Modified: 18 Aug 2022 02:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32641

Actions (login required)

View Item View Item