MULTICULTURAL ISSUES IN ENGLISH TEXTBOOKS

WIDYA SARI, . (2010) MULTICULTURAL ISSUES IN ENGLISH TEXTBOOKS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CHAPTER I-V.pdf

Download (598kB)
[img] Text
Page i-x.pdf

Download (161kB)

Abstract

Konflik yang disebabkan oleh adanya prasangka dan kebencian karena perbedaan ras, etnis, dan agama sebagian besar berakhir dengan kehilangan, kematian, dan bencana. Oleh karena itu, seperti yang juga telah direkomendasikan oleh UNESCO bahwa salah satu pilar pendidikan adalah belajar untuk hidup bersama, maka pendidikan dewasa ini perlu untuk mengembangkan pemahaman siswa terhadap isu-isu multikultural guna menghindari terjadinya konflik-konflik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isu-isu multikultural yang terdapat di dalam buku-buku paket Bahasa Inggris untuk siswa SD, SMP, dan SMA dan juga untuk mengetahui apakah pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam latihan-latihan dapat mengembangkan pemahaman siswa berdasarkan sudut pandang taksonomi Bloom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Penelitian ini menganalisis sembilan buku-buku paket yang paling banyak digunakan di sekolah-sekolah di Tangerang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil isu-isu multikultural yang terjadi akhir�akhir ini dicantumkan dalam beberapa buku paket. Beberapa buku paket lainnya bahkan sama sekali tidak mencantumkan isu multikultural. Isu yang paling banyak ditemukan adalah cultural identity. Kebanyakan pertanyaan yang terdapat dalam latihan-latihan tidak dapat membangkitkan pemahaman siswa terhadap isu tersebut berdasarkan sudut pandang taksonomi Bloom. Hal tersebut terbukti dari mayoritas pertanyaan-pertanyaan tersebut berada pada tingkat remember dan understand. Jadi, dapat disimpulkan bahwa walaupun beberapa buku paket mencantumkan isu-isu multikultural, pertanyaan-pertanyaannya secara teoritis tidak dapat membangkitkan pemahaman siswa terhadap apa yang sebenarnya terjadi dengan kehidupan multikultural berdasarkan taksonomi tersebut. *****Conflicts based on racist, ethnical, and religious prejudices and hatred mostly end in lost, death, and disasters. Thus, as UNESCO recommends ‘learning to live together’ as one of the pillars of education, education today needs to generate students’ understanding of multicultural issues to avoid such conflicts. This study aims at finding out what multicultural issues presented in English textbooks for SD, SMP, and SMA students and seeing whether the questions in the tasks are able to generate students’ understanding based on Bloom’s taxonomy perspective. The method used in this study was content analysis. This study analyzed nine textbooks which mostly used in schools at Tangerang. The result of this study is that only a little of multicultural issues that happen nowadays include in some textbooks. Even the other textbooks do not include multicultural issues at all. ‘Cultural identity’ is the most frequently found issue in the textbooks analyzed. Most of the questions in the tasks are unable to generate students’ understanding of such issues based on Bloom’s taxonomy perspective. It is proved by the fact that the majority of the questions are in ‘remember’ and ‘understand’ level. Hence, it can be inferred that even tough some textbooks put multicultural issues, the questions theoretically could not generate students’ understanding of what is really happening with the multicultural society based on the taxonomy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ifan Iskandar, M.Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:24
Last Modified: 18 Aug 2022 03:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32656

Actions (login required)

View Item View Item