PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DIMEDIASI MOTIVASI INTRINSIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 BABELAN

SELLYANA, . (2022) PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DIMEDIASI MOTIVASI INTRINSIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 BABELAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover_Sellyana_1701617039.pdf

Download (745kB)
[img] Text
2. Bab 1_Sellyana_1701617039.pdf

Download (405kB)
[img] Text
3. Bab 2_Sellyana_1701617039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
4. Bab 3_Sellyana_1701617039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab 4_Sellyana_1701617039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab 5_Sellyana_1701617039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka_Sellyana_1701617039.pdf

Download (278kB)
[img] Text
8. Lampiran_Sellyana_1701617039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai kemandirian belajar peserta didik terutama pada masa pembelajaran jarak jauh. Kemandirian belajar merupakan hal yang terpenting karena mendorong diri peserta didik untuk memiliki kemauan belajar tanpa adanya paksaan dari orang lain. Faktor utama yang dapat mendorong peserta didik tersebut untuk dapat melaksanakan belajar mandirinya adalah dengan adanya motivasi intrinsik dan efektivitas media pembelajaran daring yang digunakan akan sangat membantu peserta didik untuk belajar lebih mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar dimediasi oleh motivasi intrinsik pada peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Babelan. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan, dimulai dari bulan maret sampai dengan april 2022. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah menggunakan metode statistik kuantitatif dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Babelan yang berjumlah 180 Peserta didik. Penentuan sample penelitian dengan menggunakan rumus tabel isaac dan michael dengan taraf kesalahan 5% adalah 124 peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan data primer dengan menggunakan metode survey berupa kuesioner penelitian dengan menggunakan Google Form. Analisis data menggunakan metode analisis jalur (Path Analysis) dengan IBM SPSS Statistics Versi 26. Hasil penelitian menujukkan bahwa tidak terdapat pengaruh efektivitas pembelajaran daring (X) terhadap motivasi intrinsik (M), terdapat pengaruh yang signifikan motivasi intrinsik (M) terhadap kemandirian belajar (Y), dan terdapat pengaruh yang signifikan efektivitas pembelajaran daring (X) terhadap kemandirian belajar (Y). Hasil penelitian lainnya menujukkan bahwa motivasi intrinsik (M) tidak dapat memediasi pengaruh efektivitas pembelajaran daring (X) terhadap kemandirian belajar (Y). *** This study was carried out to learn more about student’s learning independent, particularly during the distance learning phase. The most significant aspect of independent learning is that it encourages students to learn without external pressure. The presence of intrinsic motivation, as well as the efficiency of the online learning medium used, are the two most important factors that can inspire these students to engage in autonomous study. The purpose of this study is to know the influence online learning effectiveness on independent learning mediated by intrinsic motivation for XI IPS students in SMA Negeri 2 Babelan. This research lasted in two months, started from March to April 2022. Quantitative statistical approach with a correlational approach were employed in this research. The population of this study consists of 180 students from class XI IPS SMA Negeri 2 Babelan. With a 5% error rate, the research sample was determined to be 124 students using the Isaac and Michael table formula. A survey method in the form of a research questionnaire utilizing Google Form was used to collect primary data. Data was analyzed using IBM SPSS Statistics Version 26 and the Path Analysis approach. The findings revealed online learning effectiveness (X) had no significant effect on intrinsic motivation (M), intrinsic motivation (M) had a significant effect on learning independence (Y), and online learning effectiveness (X) had a significant effect on independent learning (Y). Other research shows that intrinsic motivation (M) is unable to mediate the influence of online learning effectiveness (X) on independent learning (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. I Ketut R Sudiarditha, M.Si ; 2). Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14681 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:26
Last Modified: 01 Sep 2022 07:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32720

Actions (login required)

View Item View Item