TINGKAT STRES AKADEMIK MAHASISWA ILMU KEOLAHRAGAAN DALAM MENGIKUTI MATA KULIAH GERAK SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19

NIKITA PRATIWI SALIM, . (2022) TINGKAT STRES AKADEMIK MAHASISWA ILMU KEOLAHRAGAAN DALAM MENGIKUTI MATA KULIAH GERAK SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (838kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Masuknya pandemi Covid-19 mendorong setiap negara termasuk Indonesia menerapkan pembatasan untuk segala bentuk aktifitas masyarakat di tempat umum termasuk sektor pendidikan. Pembelajaran saat ini menggunakan metode pembelajaran daring yang juga dirasakan oleh mahasiswa dalam proses perkuliahan. Tentunya perubahan ini tidak bisa diterima secara langsung dan perlu adaptasi, serta adanya tuntutan maupun kendala selama prosesnya yang bisa mengakibatkan stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui seberapa besar tingkat stres akademik mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta dalam pembelajaran gerak secara daring selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner Perception of Academic Stres Scale (PAS) untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap stres akademik, dengan kata lain skala ini digunakan untuk mengukur seberapa stres mahasiswa menilai kondisi yang sedang dihadapi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S-1 Program Studi Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta. Pengumpulan data menggunakan skala likert dan peknik pengambilan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dari 91 responden, sebanyak 12 (13%) mahasiswa mengalami stres akademik pada kategori rendah, 67 (74%) mahasiswa mengalami stres akademik pada kategori sedang, dan 12 (13%) mahasiswa mengalami stres akademik pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa Ilmu Keolahragaan mengalami stres akademik pada kategori sedang. Dengan demikian, mahasiswa Ilmu Keolahragaan mengalami stres akademik. The entry of the Covid-19 pandemic has encouraged every country, including Indonesia, to implement restrictions for all forms of community activity in public places, including the education sector. Current learning uses online learning methods which are also felt by students in the lecture process. Of course, this change cannot be accepted directly and requires adaptation, as well as demands and obstacles during the process that can lead to academic stress. This study aims to determine the level of academic stress of Jakarta State University Sports Science students in online learning of motion during the Covid-19 pandemic. This research was conducted by descriptive research method. The data collection technique used a Perception of Academic Stress Scale (PAS) questionnaire to determine students' perceptions of academic stress, in other words this scale was used to measure how stressed students assessed the conditions they were facing. The population in this study were undergraduate students of the Sport Science Study Program, Faculty of Sport Science, State University of Jakarta. The data was collected using a Likert scale and the sampling technique used in this study was purposive sampling. Of the 91 respondents, 12 (13%) students experienced academic stress in the low category, 67 (74%) students experienced academic stress in the moderate category, and 12 (13%) students experienced academic stress in the high category. This shows that most of the students of Sports Science experience academic stress in the moderate category. Therefore, Sports Science students experience academic stress.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Yasep Setiakarnawijaya, M.Kes. 2. Muhamad Ilham, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 14842 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:27
Last Modified: 19 Aug 2022 02:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32741

Actions (login required)

View Item View Item