PEMANFAATAN MEDIA INSTRUKSIONAL AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH : Studi Kualitatif di SMA Labschool Kebayoran Jakarta

GARDHINI HARYANI KATIANDA, . (2010) PEMANFAATAN MEDIA INSTRUKSIONAL AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH : Studi Kualitatif di SMA Labschool Kebayoran Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4.BAB II.pdf

Download (91kB)
[img] Text
5.BAB III.pdf

Download (51kB)
[img] Text
1.Cov Skripsi.pdf

Download (13kB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (190kB)
[img] Text
3.BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
9.LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
6.BAB IV.pdf

Download (203kB)
[img] Text
7.BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
9.LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini bertjuan mendeskripsikan bagaimana Pemanfaatan Media Instruksional Audio Visual dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Labschool Kebayoran Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai November 2010. Pada hakikatnya pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi. Dalam proses komunikasi tersebut diwujudkan melalui kegiatan tukar menukar pesan atau informasi antara guru dan siswa. Pesan atau informasi tersebut biasanya berupa pengetahuan, pengalaman, ide dan sebagainya. Melalui proses komunikasi, pesan atau informasi dapat diserap dan dihayati oleh orang lain. Agar tidak terjadi kekeliruan dalam proses komunikasi perlu digunakan sarana yang membentu proses komunikasi yang dikenal dengan istilah media pembelajaran. Dalam pembelajaran, media yang digunakan untuk memperlancar komunikasi dalam penyampaian materi sering disebut media instruksional. Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana langkah-langkah pemanfaatan media yang membantu terciptanya kondisi pembelajaran yang dinginkan dan juga yang berdampak pada ketercapaian nilai siswa. Fokus permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pemanfaatan media instruksional audio visual dalam hal ini menyangkut: benda-benda grafik (gambar, peta), gambar yang bergerak dan bersuara (film dan video) dan benda-benda verbal (Transparansi, slide) serta kesesuaian dalam pemilihan media dengan materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dimulai dengan kegiatan observasi dilapangan dan pengumpulan data melalui catatan lapangan dan wawancara mengenai ketersediaan media serta pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran Sejarah. Sumber data yang digunakan dalam penelitian yaitu informan kunci dan informan inti. Informan kunci adalah Wakil Kepala Sekolah. Informan inti adalah Guru Sejarah dan siswa SMA Labschool ii Kebayoran. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triagulasi sebagai penguji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa media telah dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah di SMA Labschool Kebayoan, Dengan mempunyai ciri khas yaitu “3M (Materi, Media, dan Motivasi)”. Materi, adalah bagaimana ketika guru mampu menyajikan sebuah materi/pokok bahasan dalam bentuk yang semenarik mungkin sehingga pembelajaran yang dilaksanakan menjadi efektif. Media merupakan komponen yang selalu berupaya guru gunakan dalam setiap pembelajaran, sehingga materi pembelajaran sejarah dapat divisualisasikan pada siswa, media yang disajikan oleh guru berupa benda-benda grafik (gambar, peta), gambar yang bergerak dan bersuara (film dan video) dan benda-benda verbal (Transparansi, slide) yang kesemunya itu telah mampu membantu siswa tertarik akan pembelajaran sejarah yang nantinya pula akan berdampak pada hasil belajar sejarah. Motivasi, adalah bagaimana guru memberikan contoh orang-orang besar pada siswa yang dapat memberi siswa inspirasi untuk berperan dalam memajukan Bangsa. Dengan adanya hal ini memberikan sebuah usaha nyata dalam mewujudkan generasi Bangsa yang unggul. Memberikan sebuah makana dalam pembelajaran sejarah, karena pembelajaran sejarah adalah pembelajaran yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak dan kepribadian siswa. Kesimpulan, Memanfaatkan media instruksional dalam pembelajaran sejarah merupakan salah satu solusi dimana guru dapat memberikan konsep sejarah yang divisualisasikan sehingga mudah untuk dipahami oleh siswa dan tentunya akan berdampak pada ketercapaian nilai yang sesuai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimun). Dalam pembelajaran sejarah guru tidak hanya cukup memiliki kemampuan tentang kegunaan media dan cara penggunaan media saja, namun seorang guru sejarah harus mampu membuat pembelajaran sejarah bukan hanya sebatas kejar target nilai tetapi bagaimana pelajaran sejarah memberikan sebuah makna tersendiri dalam setiap sudut perjalanan hidup manusia. Media dalam pembelajaran sejarah merupakan salah satu sarana penyalur pesan pengetahuan sekaligus pesan moral yang terkandung dalam pembelajaran sejarah. Melalui hal tersebut diharapkan siswa mampu memiliki kemampuan intelektualitas serta semangat nasionalisme.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Budiarti, M. Pd.; 2). Drs. Djunaidi, M. Hum.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 06:23
Last Modified: 18 Aug 2022 06:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32743

Actions (login required)

View Item View Item