PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SORTING CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Studi Eksperimen di SMP Negeri 184 Jakarta Timur)

PRIYO DWI ANGGORO, . (2010) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SORTING CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Studi Eksperimen di SMP Negeri 184 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV-BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
COVER, PERNYATAAN KEASLIAN, ABSTRAK, PENGESAHAN, MOTTO, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL,.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh metode pembelajaran sorting card terhadap hasil belajar IPS pada siswa SMP Negeri 184 Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan terhitung dari bulan Agustus hingga Oktober 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 184 Jakarta Timur tahun ajaran 2010/2011 dan populasi terjangkau penelitian ini adalah siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel yang diambil berjumlah dua kelas yaitu siswa kelas VII.5 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII.6 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan deskripsi teori dan kerangka bepikir maka dirumuskan hipotesis penelitian terdapat pengaruh metode pembelajaran sorting card terhadap hasil belajar IPS. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen yang telah memenuhi syarat dari alat pengumpul data . hasil uji coba menunjukkan bahwa dari 50 butir soal yang diujikan didapat 40 butir soal yang valid dan 10 butir soal yang tidak valid. Kemudian dilakukan uji reliabilitas dan didapatkan nilai rii = 0,707. Setelah itu dilanjutkan uji persyaratan analisis melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Data uji normalitas kelas eksperimen Lhitung < Ltabel yaitu 0,0982 < 0,1369 yang berarti sebaran data berdistribusi normal dan kelas kontrol Lhitung < Ltabel yaitu 0,0813 < 0,1423 juga berdistribusi normal. Setelah itu dilakukan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett yaitu χ 2 hitung < χ2 tabel yakni 2,90 < 3,84 yang berarti data homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus uji t. Menghasilkan thitung 1,77 > ttabel 1,67 pada taraf kepercayaan 95% ( α=0,05), maka H0 ditolak dan HI diterima atau dengan kata lain terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran sorting card terhadap hasil belajar IPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran sorting card terhadap hasil belajar IPS di SMP Negeri 184 Jakarta Timur. Hal ini terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t membuktikan bahwa metode pembelajaran sorting card dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Djunaidi, M.Hum.; 2). Drs. Budiaman, M.Si.
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 05:57
Last Modified: 19 Aug 2022 05:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32757

Actions (login required)

View Item View Item