PENGARUH EFIKASI DIRI AKADEMIK TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Kuantitatif Pada Jurusan Produksi dan Siaran Program Televisi di SMKN 48 Jakarta)

DIANA ROHMAH, . (2022) PENGARUH EFIKASI DIRI AKADEMIK TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Kuantitatif Pada Jurusan Produksi dan Siaran Program Televisi di SMKN 48 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri akademik terhadap partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn pada jurusan Produksi Siaran dan Program Televisi (PSPT) SMK Negeri 48 Jakarta. Pendekatan pada penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode deskriptif serta menggunakan desain penelitian survey dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Populasi pada penelitian ini siswa jurusan Produksi Siaran dan Program Televisi (PSPT) SMK Negeri 48 Jakarta dan teknik sampel jenuh dengan jumlah sampel 72 siswa. Teknis analisis data yang digunakan yaitu korelasi pearson, analisis regresi linear sederhana dan uji t dengan bantuan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25 for windows. Hasil penelitian memperoleh tingkat efikasi diri akademik dan partisipasi belajar siswa jurusan Produksi Siaran dan Program Televisi (PSPT) SMK Negeri 48 Jakarta dikategorikan sedang. Hasil korelasi pearson rhitung > rtabel (0,840 > 0,231) dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara kedua variabel. Selanjutnya hasil perhitungan uji t pada tingkat signifikansi yang diperoleh thitung > ttabel (12,945 > 1,994). Hasil persamaan regresi linear sederhana didapatkan persaman 6,754 ß + 0,993 X, dari persamaan tersebut juga memperoleh fhitung > ftabel (167,583 > 3,980) menunjukkan bahwa model regresi layak digunakan dan terdapatnya pengaruh yang nyata (signifikan). Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima menunjukkan efikasi diri akademik dapat berpengaruh secara signifikan terhadap partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn pada jurusan Produksi Siaran dan Program Televisi (PSPT) SMK Negeri 48 Jakarta. Kemudian besaran pengaruh yang berikan oleh variabel efikasi diri akademik terhadap variabel partisipasi belajar adalah sebesar 70,5%. Dari hasil analisis di atas dapat diketahui bahwa faktor internal seperti efikasi diri akademik siswa yang tinggi dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn. Hal tersebut dikarenakan efikasi diri akademik siswa juga dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dan tindakan yang akan dilakukan. Jadi implikasi yang didapat pada penelitian ini menunjukka bahwa jika semakin baik efikasi diri akademik maka akan semakin baik pula partispasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn. Oleh karena itu siswa yang memiliki efikasi diri akademik rendah diharapkan dapat meningkatkan efikasi diri dalam proses pembelajaran pada pembelajaran PPKn untuk menciptakan partisipasi pembelajaran yang aktif. * This study aims to determine the effect of academic self-efficacy on student learning participation in Civics learning at the Department of Broadcast Production and Television Program (PSPT) 48 Public Vocational School in Jakarta. The approach in this research is quantitative research with the method used is descriptive method and uses survey research designs and questionnaires as research instruments. The population in this study was students majoring in Broadcast Production and Television Program (PSPT) 48 Public Vocational School Jakarta and the saturated sample technique with a sample of 72 students. Technical analysis of the data used is Pearson correlation, simple linear regression analysis and t test with the help of the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) version 25 for windows program. The results of the study obtained that the level of academic self-efficacy and learning participation of students majoring in Broadcast Production and Television Program (PSPT) 48 Public Vocational School in Jakarta was categorized as moderate. The results of the Pearson correlation rcount > rtable (0.840 > 0.231) can be interpreted that there is a very strong relationship between the two variables. Furthermore, the results of the t-test calculation at the significance level obtained tcount > ttable (12,945 > 1,994). The results of the simple linear regression equation obtained the equation 6.754 + 0.993 X, from the equation also obtained fcount > ftable (167.583 > 3.980) indicating that the regression model is feasible to use and there is a significant (significant) effect. So it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted indicating that academic self-efficacy can have a significant effect on student learning participation in Civics learning at the Broadcasting Production and Television Program (PSPT) department of 48 Public Vocational School Jakarta. Then the amount of influence given by the academic self-efficacy variable on the learning participation variable is 70.5%. From the results of the analysis above, it can be seen that internal factors such as high student academic self-efficacy can increase student learning participation in Civics learning. This is because students' academic self-efficacy can also influence decision-making and actions to be taken. So the implications of this study indicate that the better the academic self-efficacy, the better the student's participation in learning Civics. Therefore, students who have low academic self-efficacy are expected to increase their self-efficacy in the learning process in Civics learning to create active learning participation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Achmad Husen, M.Pd. ; 2). Asep Rudi Casmana, S.Pd., M.A.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 14872 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 06:51
Last Modified: 19 Aug 2022 06:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32789

Actions (login required)

View Item View Item