PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PANEL PECAHAN BERBASIS CONCRETENESS FADING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD

Serly Aditya, . (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PANEL PECAHAN BERBASIS CONCRETENESS FADING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover Halaman Depan.pdf

Download (22kB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (264kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (526kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (341kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (407kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui ketertarikan siswa kelas V SD terhadap desain tampilan dan cara mengoperasikan media Papan Panel Pecahan, serta mengetahui validitas media Papan Panel Pecahan materi operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan berbasis teori concreteness fading untuk siswa kelas V sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Guntur 03 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan sebanyak 32 orang. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan ASSURE yang terdiri dari menganalisis siswa; menentukan tujuan; memilih metode, media dan bahan ajar; memanfaatkan media dan material; membutuhkan partisipasi siswa; lalu mengevaluasi dan merevisi. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Di akhir penelitian ini menghasilkan produk berupa media Papan Panel Pecahan untuk siswa kelas V sekolah dasar. Hasil uji coba pengembangan media Papan Panel kepada tiga ahli, diperoleh nilai rata-rata 4,4 atau media masuk kedalam kategori sangat baik, sedangkan hasil uji coba di lapangan mendapatkan nilai rata-rata untuk keseluruhan aspek media sebesar 77%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tertarik menggunakan media Papan Panel Pecahan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Siti Rohmi Yuliati 2) Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 03 Feb 2020 15:38
Last Modified: 03 Feb 2020 15:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3281

Actions (login required)

View Item View Item