PERBEDAAN HASIL BELAJAR PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA JERMAN ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN PERMAINAN MEMO-SPIEL DENGAN SISWA YANG MENGGUNAKAN PERMAINAN DOMINO-SPIEL

VIA ARYANI, . (2010) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA JERMAN ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN PERMAINAN MEMO-SPIEL DENGAN SISWA YANG MENGGUNAKAN PERMAINAN DOMINO-SPIEL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (339kB)
[img] Text
(4,5,6)Zusammenfassung,daftar isi,kata pengantar.pdf

Download (209kB)
[img] Text
(2)Abstrak.pdf

Download (109kB)
[img] Text
(3)Lembar Pengesahan.pdf

Download (20kB)
[img] Text
(1)Cover.pdf

Download (93kB)

Abstract

Kosakata merupakan unsur penting dalam sebuah bahasa. Untuk dapat mengatasi kesulitan dan meningkatkan minat siswa dalam mempelajari kosakata dibutuhkan variasi pembelajaran yang menarik, misalnya dengan menggunakan permainan Memo-Spiel dan Domino-Spiel. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan hasil belajar pemahaman kosakata bahasa Jerman antara siswa yang menggunakan permainan Memo-Spiel dengan siswa yang menggunakan permainan Domino-Spiel. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 47 Jakarta pada bulan September-November tahun ajaran 2009/2010 dengan metode penelitian kuantitatif dan desain penelitian The Static Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 47 Jakarta kelas XII yang belajar bahasa Jerman. Sampel yang digunakan berjumlah 75 siswa yang terbagi dalam dua kelas yang dipilih berdasarkan nilai rata-rata yang sama dalam pelajaran bahasa Jerman. Kelas pertama menggunakan permainan Memo-Spiel dan kelas kedua menggunakan permainan Domino-Spiel. Instrumen yang digunakan adalah pertanyaan melengkapi berjumlah 37 butir pertanyaan yang valid dan reliabel. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Penghitungan penelitian ini menghasilkan thitung =2,72, sedangkan ttabel=1,67 sehingga thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kosakata bahasa Jerman antara siswa yang menggunakan permainan Memo-Spiel dengan siswa yang menggunakan permainan Domino-Spiel. Kemudian hasil belajar kosakata bahasa Jerman siswa yang menggunakan permainan Memo-Spiel lebih baik daripada siswa yang menggunakan permainan Domino-Spiel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Azizah Hanoum Siregar, M.Pd. ; 2). Dra. Indira Kusumadewi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 07:59
Last Modified: 19 Aug 2022 07:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32825

Actions (login required)

View Item View Item