MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (DUA TINGGAL DUA TAMU) PADA SISWA KELAS V SDN JATIMAKMUR I PONDOK GEDE BEKASI (Studi Penelitian Tindakan Kelas)

Sherly Oktaviani, . (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (DUA TINGGAL DUA TAMU) PADA SISWA KELAS V SDN JATIMAKMUR I PONDOK GEDE BEKASI (Studi Penelitian Tindakan Kelas). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. lembar judul (cover).pdf

Download (28kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (54kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
11. BAB I-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitan tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Jatimakmur I Pondok Gede Bekasi. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model cooperative learning tipe two stay two stray. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2017 dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jatimakmur I Pondok Gede Bekasi yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada siklus I nilai hasil belajar siswa dengan skor persentase 67.85% atau 19 orang mencapai KKM kemudian mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada siklus II dengan skor persentase sebesar 89.28% dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 21,43%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang dilakukan dengan model cooperative learning tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Jatimakmur I Pondok Gede Bekasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe two stay two stray merupakan salah satu model yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Sutrisno, M.Si 2) Endang M. Kurnianti, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 03 Feb 2020 15:44
Last Modified: 03 Feb 2020 15:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3284

Actions (login required)

View Item View Item