METODE AUDIO LINGUAL DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA PERANCIS SISWA SMA KELAS XI

RR HERNINGTIYAS R, . (2010) METODE AUDIO LINGUAL DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA PERANCIS SISWA SMA KELAS XI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CD.pdf

Download (575kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun sebuah model pembelajaran kosakata bahasa Perancis yang akan diterapkan pada siswa SMA kelas XI. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model behaviorisme. Sedangkan metode yang dipilih dalam pembuatan model pembelajaran ini adalah metode audio-lingual, hal ini didasarkan atas pertimbangan situasi pembelajaran kosakata bahasa Perancis siswa kelas XI di SMA yang dinilai masih rendah karena kurangnya stimulus yang diberikan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga siswa kurang memberikan respon yang lebih baik dalam setiap materi pelajaran yang diberikan guru. Alokasi waktu yang disediakan untuk mata pelajaran bahasa Perancis di SMA adalah 45 menit untuk setiap pertemuan. Dalam waktu itu diharapkan siswa dapat memiliki ketrampilan berbahasa Perancis dengan baik dan menguasai materi pelajaran yang diberikan. Model behaviorisme ini dibuat atas dasar teori belajar behavioristik, yaitu teori tentang perubahan perilaku yang dihubungkan dengan proses belajar mengajar, karena seseorang dianggap telah belajar apabila dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Penyusunan model pembelajaran ini terdiri dari 5 tahap, yaitu tahap orientasi, tahap penyajian, tahap strukturisasi latihan, tahap praktik, dan tahap praktik bebas. Dari kelima tahap tersebut hanya empat tahap pertama yang dilaksanakan oleh guru dan siswa, sedangkan pada tahap praktik bebas dilakukan oleh antar siswa atau siswa sendiri tanpa pengawasan dari guru. Materi yang dipilih untuk pembelajaran kosakata bahasa Perancis di SMA sesuai dengan kurikulum 2004. Untuk model pembelajaran ini disajikan dua tema besar yaitu mengenai kehidupan keluarga dan mengenai kehidupan sekolah yang masing-masing disusun sebuah contoh model pembelajaran kosakata. Model pembelajaran kosakata ini memakai metode audio-lingual sesuai dengan aliran teori behavioristik. Kedua tema tersebut disusun dalam sebuah rencana pengajaran beserta dengan materi-materi yang dipelajari. Berdasarkan metode audio-lingual, latihan-latihan yang diberikan pada model pembelajaran kosakata bahasa Perancis ini diberikan dalam teknik tubian atau drill. Diharapkan dengan teknik tubian ini siswa dapat belajar bahasa Perancis dengan baik, dan dapat mengucapkan suatu pola kalimat dengan baik tanpa ada kesalahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dian Savitri, M.Pd,; 2). Yusi Asnidar, S.Pd, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:23
Last Modified: 22 Aug 2022 04:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32901

Actions (login required)

View Item View Item