PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMAN 10 JAKARTA

SITI NURFADILAH, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMAN 10 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 10 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 10 Jakarta yang berjumlah 175 orang yang terdiri dari 5 kelas, yang terbagi kepada 2 jurusan yaitu MIPA dan IPS. Sampel penelitian kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan kompetensi dasar 3.6, dengan materi Perkembangan Kehidupan Masyarakat, Pemerintahan, dan Budaya Pada Masa Kerajaan Hindu – Budha di Indonesia. Instrumen penelitian ini menggunakan tes objektif pilihan ganda sebanyak 40 soal, yang diujikan terlebih dahulu dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas, didapatkan 20 soal valid yang diujikan kepada siswa. Uji persayaratan analisis mengggunakan uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov, Uji Homogenitas Barlett. Selanjutnya melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sample t Test atau uji t dua sampel bebas. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen (X-IPS 3) memperoleh rata-rata sebesar 84,26, sedangkan kelas kontrol (X-MIPA 2) memperoleh rata-rata sebesar 77,5. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, diperoleh hasil nilai t hitung sebesar 2,896 dan nilai t tabel sebesar 1,995 pada tingkat kepercayaan 95% (0,05). Dapat di artikan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel (Ho ditolak H1 diterima). Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 10 Jakarta. Kata Kunci : Media Quizizz, Hasil Belajar, Sejarah ********** ABSTRACT This study aims to obtain empirical data regarding the effect of using Quizizz media on student learning outcomes in history subjects at SMA Negeri 10 Jakarta. This study uses experimental research methods. The design used in this study is a True Experimental Design with the type of Pretest-Posttest Control Group Design. The population in this study was class X students at SMA Negeri 10 Jakarta, totaling 175 people consisting of 5 classes, which were divided into 2 majors, namely Mathematics and Natural Sciences and Social Sciences. The sample obtained was class X IPS 3 as the experimental class and X MIPA 2 as the control class. This study uses basic competence 3.6, with material on the development of community life, government, and culture during the Hindu-Buddhist kingdom in Indonesia. This research instrument uses a multiple choice objective test of 40 questions, which were tested first and tested for validity and reliability, obtained 20 valid questions that were tested on students. The analytical requirement test used the Kolmogorov-Smirnov normality test, the Barlett homogeneity test. Next, test the hypothesis by using the Independent Sample t Test or two free sample t-tests. The results showed that the average value of the experimental class was greater than the control class. The experimental class (X-IPS 3) obtained an average of 84.26, while the control class (X-MIPA 2) obtained an average of 77.5. In the hypothesis testing using the t-test, the calculated t-value is 2.896 and the t-table value is 1.995 at the 95% confidence level (0.05). It can be interpreted that the value > (Ho is rejected, H1 is accepted). This shows that there is an influence of using Quizizz media on student learning outcomes in history subjects at SMA Negeri 10 Jakarta. Keywords: Quizizz Media, Learning Outcomes, History

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. M.Fakhruddin, M.Si. ; 2). Dr. Nurzengky Ibrahim, M.M.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 14758 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:53
Last Modified: 22 Aug 2022 02:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32902

Actions (login required)

View Item View Item