ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PENGGUNAAN FUKUSHI PADA MAHASISWA TINGKAT II JURUSAN BAHASA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

RIZKA AGUSTINA, . (2012) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PENGGUNAAN FUKUSHI PADA MAHASISWA TINGKAT II JURUSAN BAHASA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (767kB)
[img] Text
DAFTAR ISI dan Daftar Tabel.pdf

Download (104kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PENGGUNAAN FUKUSHI PADA MAHASISWA TINGKAT II JURUSAN BAHASA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN AJARAN 2011.pdf

Download (47kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN dan PERNYATAAN Edited.pdf

Download (39kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Resume.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Lampiran Hasil Penelitian.pdf

Download (371kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB)

Abstract

Dalam gramatika bahasa Jepang fukushi adalah kata yang dipakai untuk menerangkan yoogen. Fukushi ada banyak jenisnya, namun yang biasa dikenal secara umum ada tiga jenis fukushi, fukushi tersebut adalah jootai no fukushi, teido no fukushi dan chinjutsu no fukushi. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran yang jelas tentang pengetahuan dan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan kata fukushi serta faktor yang mempengaruhi tingkat kemampuan mahasiswa dalam penggunaan fukushi, terutama mahasiswa tingkat II jurusan bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dari hasil penelitian ini, melalui instrumen tes, diketahui bahwa Kemampuan mahasiswa tingkat II Jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta dalam pemahaman materi fukushi baik arti ataupun jenisnya secara teoritis tergolong kurang, dengan besar persentase 43.75%. Kemampuan mahasiswa tingkat II Jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta dalam penggunaan kelas kata fukushi yang sesuai aturan kaidah yang ada dalam satu kalimat pun masih tergolong kurang, dengan besar persentase 48.25%. Dalam angket yang diajukan kepada mahasiswa sebagian besar menyatakan bahwa materi tentang kelas kata fukushi ini agak sulit, dengan besar persentase 75%. Penyebab kesulitan pada materi ini sebagian besar adalah ketidaktahuan teori dasar fukushi sehingga banyak yang tidak mengenal jenis dan kaidah penggunaan fukushi. Dalam hal ini dapat juga disimpulkan beberapa saran yang bisa dijadikan solusi yang diperoleh dari tanggapan para responden, yaitu : (1)Pengenalan gramatika bahasa jepang dan sedikit pemusatan materi pada fukushi di awal semester. (2)Kaidah penggunaan fukushi diterapkan dalam semua pembelajaran kejepangan yang berhubungan. (3)Pengajar diharapkan peduli terhadap tingkat kemampuan mahasiswa dan melakukan tindak lanjut untuk memperbaiki kekurangan dalam pembelajaran mengenai fukushi. (4)Menggunakan media pembelajaran lain selain buku teks, misalnya buku-buku refrensi lain tentang fukushi. (5)Mahasiswa harus berinsiatif untuk mengembangkan strategi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sudjianto, M.Hum. ; 2). Komara Mulya, M.Ed.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:42
Last Modified: 22 Aug 2022 04:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32930

Actions (login required)

View Item View Item