STRATEGI KEMITRAAN GURU DENGAN ORANGTUA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL KEPADA SISWA (Studi Kualitatif SMP Negeri 187 Jakarta)

DIAN RAHMAWATI, . (2022) STRATEGI KEMITRAAN GURU DENGAN ORANGTUA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL KEPADA SISWA (Studi Kualitatif SMP Negeri 187 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (951kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (119kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi kemitraan guru dengan orangtua dalam menanamkan nilai-nilai moral kepada siswa di SMP Negeri 187 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data. Pertama, observasi kegiatan kemitraan sekolah dengan orangtua. Kedua, wawancara dengan siswa, wali kelas, guru bimbingan dan konseling, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan kepala sekolah. Ketiga, studi dokumentasi dengan mengamati buku kasus siswa, surat panggilan orangtua, surat pernyataan siswa, lembar home visit, lembar pembinaan wali kelas. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret – Mei 2022. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 187 Jakarta memiliki strategi kemitraan sekolah dengan orangtua dalam upaya penanaman nilai-nilai moral kepada siswa. Program-program strategi kemitraan guru dengan orangtua yaitu kegiatan pembiasaaan, surat-menyurat, pembinaan wali kelas dan home visit. Pelaksanaan program kemitraan sekolah dengan orangtua di SMP Negeri 187 Jakarta melibatkan peran aktif dan komunikasi yang baik antara guru dengan orangtua dalam memaksimalkan program kemitraan tersebut. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah strategi kemitraan guru dengan orangtua merupakan cara sekolah dalam menanamkan nilai-nilai moral kepada siswa. Hal ini berdasarkan pada buku petunjuk yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 bahwa program kemitraan sekolah dengan keluarga memiliki tujuan untuk menjalin kerja sama antara guru dengan orang dalam membangun lingkungan pendidikan siswa serta mengembangkan karakter pada siswa. ***** This study uses descriptive qualitative research methods using data collection techniques. First, observing the school's partnership activities with parents. Second, interviews with students, homeroom teachers, guidance and counseling teachers, vice principals for student affairs and school principals. Third, study documentation by observing student case books, parental summons, student statements, home visit sheets, and homeroom guidance sheets. This research was conducted in March – May 2022. The research findings show that SMP Negeri 187 Jakarta has a school partnership strategy with parents in an effort to instill moral values in students. The teacher-parents partnership strategy programs are habituation activities, correspondence, homeroom coaching and home visits. The implementation of the school partnership program with parents at SMP Negeri 187 Jakarta involves an active role and good communication between teachers and parents in maximizing the partnership program. The conclusion in this study is that the teacher-parents partnership strategy is the school's way of instilling moral values in students. This is based on the manual published by the Ministry of Education and Culture in 2016 that the school-family partnership program has the aim of establishing cooperation between teachers and people in building a student educational environment and developing character in students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Raharjo, S.Pd., M.Si. ; 2). Fauzi Abdillah, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:34
Last Modified: 22 Aug 2022 04:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32932

Actions (login required)

View Item View Item