THE USE OF TRANSITIONS IN ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS’ WRITING

ADE ASTARI, . (2012) THE USE OF TRANSITIONS IN ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS’ WRITING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PREFACE.pdf

Download (984kB)
[img] Text
TABLE OF CONTENT.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Chapter 1-5.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini adalah sebuah analisis isi yang ditujukan untuk menemukan transisitransisi yang digunakan oleh mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris pada tulisan mereka. Tulisan dari para mahasiswa jurusan bahasa Inggris di ambil sebagai sampel dalam penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data sebanyak 141 buah tulisan. Kemudian transisi-transisi dikategorikan menjadi 13 tipe (O’Regan, 2002) yaitu: addition, comparison, contrast, concession, exemplification, inference, summary, result, reformulation, time and sequence, and miscellaneous. Masing-masing tipe terbagi ke beberapa sub tipe transisi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 955 buah transisi dalam 141 tulisan mahasiswa jurusan Bahasa Inggris. Berdasarkan penemuan tersebut, ditemukan sebanyak 281 kali (29,42%) untuk penggunaan addition, 1 kali (0,1%) penggunaan untuk comparison, 136 kali (14,24%) penggunaan untuk contrast, 7 kali (2,3%) penggunaan untuk enumeration, 30 kali (3,14%) penggunaan untuk concession, 76 kali (7,96%) untuk penggunaan exemplification, 3 kali (0,31%) untuk penggunaan summary, 18 kali (1,96%) untuk penggunaan reformulation, 25 kali (2,62%) untuk penggunaan time and sequence, dan 190 kali (19,9%) untuk penggunaan miscellaneous. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan untuk jurusan Bahasa Inggris UNJ mengenai penggunaan transisi di jurusan Bahasa Inggris oleh para mahasiswa pada tulisan mereka. This is a content analysis study which aims at finding transitions used by English Department students. 141 English Department students’ writings were taken as samples of this study. The data were the transitions in their writings. The transitions were categorized into 13 types (O’Regan, 2002): addition, comparison, contrast, concession, exemplification, inference, summary, result, reformulation, time and sequence, and miscellaneous. Each type divided in sub type of transitions. The result shows that in 141 English Department students’ writings there are 955 transitions used. Accordingly, 281 times (29,42%) for addition usage, 1 time (0,1%) for comparison usage, 136 times (14,24%) for contrast usage, 7 times (2,3%) for enumeration usage, 30 times (3,14%) for concession usage, 76 times (7,96%) for exemplification usage, 3 times (0,31%) for summary usage, 18 times (1,96%) for reformulation usage, 25 times (2,62%) for time and sequence usage, and 190 times (19,9%) for miscellaneous usage. This study is expected to provide an input to UNJ English Department about the use of transitions in English Department students’ writing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Lina Yudianti ; 2). Prof. Ilza Mayuni.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 06:06
Last Modified: 22 Aug 2022 06:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32951

Actions (login required)

View Item View Item