UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS XI IPS 3 SMA PLUS PGRI CIBINONG

FAZRI, . (2011) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS XI IPS 3 SMA PLUS PGRI CIBINONG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER CTL KU.pdf

Download (99kB)
[img] Text
ABSTRAK KU.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Skripsi Fazri 4815077351.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dengan menerapkan model pembelajaran CTL. Dilakukan di SMA PLUS PGRI Cibinong selama bulan September sampai November 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi , dan refleksi. Menggunakan 8 Indikator aktivitas sebagai ukuran tingkat keberhasilan belajar siswa, di antaranya: antusias siswa dalam memperhatikan, mencatat, mengerjakan tugas, bertanya, menjawab, memberikan saran, tidak mengantuk, tidak berbicara di luar kontek. Selain itu siswa juga dapat mengkaitkan materi dengan pengalamannya. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang diiisi oleh guru Sosiologi bekerjasama dengan peneliti dan daftar pertanyaan yang dibagikan kepada siswa, sebelum maupun setelah penerapan model CTL. Hasil penelitian di siklus pertama aktivitas belajar mencapai 46%, di siklus kedua terjadi peningkatan mencapai 89%. Pada siklus ketiga aktivitas belajar meningkat menjadi 96%. Keberhasilan penelitian juga didukung dengan data semakin meningkatnya perolehan nilai pre tes dan post tes. Sebelum menggunakan model CTL, nilai rata hasil pre tes hanya mencapai 51,02 %, setelah mengunakan CTL meningkat menjadi 78%, dan terus naik menjadi 98% pada siklus ketiga. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL dapat memberikan kontribusi yang cukup berarti dalam meningkatkan aktivitas belajar Sosiologi. Semangat siswa menjadi lebih baik, yang tadinya pasif menjadi aktif dalam bertanya, mengemukan pendapat dan memberikan saran. Demikian juga hasil belajar siswa meningkat, baik dalam pemahaman, pengetahuan, maupun dalam kemuampuan dan keterampilan mengkaitkan materi yang diajarkan dengan pengetahuan yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ubedilah Badrun, M.Si.; 2). Dra. Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:28
Last Modified: 23 Aug 2022 03:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33049

Actions (login required)

View Item View Item