Persepsi Masyarakat dalam Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi (Studi Deskriptif: Pengguna KRL di Stasiun Parung panjang, Kabupaten Bogor)

SYAHRUL RAMADHAN, . (2022) Persepsi Masyarakat dalam Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi (Studi Deskriptif: Pengguna KRL di Stasiun Parung panjang, Kabupaten Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi masyarakat dalam penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam aspek kognitif, afektif, dan konatif. Penelitian ini dilaksanakan di Stasiun Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik penentuan sampel menggunakan incidental sampling. Penelitian ini dilakukan kepada masyarakat khususnya pengguna KRL di Stasiun Parung Panjang sebanyak 96 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persepsi masyarakat dalam penggunaan aplikasi PeduliLindungi berada dalam kategori baik dengan total skor 11.820. Melalui data tersebut menunjukan bahwa persepsi masyarakat dalam penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam aspek kognitif memperoleh skor 6.131 dalam kategori ragu-ragu, kemudian aspek afektif memperoleh skor 2.319 dalam kategori tidak baik, dan aspek konatif memperoleh skor 3.370 dalam kategori baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa masyarakat telah menerima kebijakan penggunaan aplikasi PeduliLindungi dan memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi untuk mengakses fasilitas publik dengan aman. Walaupun setiap individu memiliki perasaan tidak baik dalam menyikapi kendala yang ada di aplikasi PeduliLindungi namun, kebijakan tersebut harus tetap dipatuhi dan dilaksanakan demi mencegah terjadinya penularan virus covid-19 di fasilitas publik. This study aims to determine the picture of public perception in the use of the PeduliLindungi application in cognitive, affective, and conative aspects. This research was conducted at Parung Panjang Station, Parung Panjang Village, Parung Panjang District, Bogor Regency. The research method used is a descriptive method with a quantitative approach. Data collection techniques through questionnaires, interviews, documentation, and literature studies. Sampling technique uses incidental sampling. This research was conducted to the community, especially 96 KRL users at Parung Panjang Station. The data from the public perception questionnaire were categorized using scoring, then interpreted based on intervals and the results of the study were presented in the form of a continuum line. The results of the study concluded that public perception in the use of the PeduliLindungi application was in the good category with a total score of 11,820. Through this data, it shows that public perceptions in the use of the PeduliLindungi application in cognitive aspects obtained a score of 6,131 in the category of undecided, then the affective aspect obtained a score of 2,319 in the bad category, and the conative aspect obtained a score of 3,370 in the good category. So it can be said that the public has accepted the policy of using the PeduliLindungi application and utilizing the PeduliLindungi application to access public facilities safely. Although every individual has bad feelings in responding to the obstacles in the PeduliLindungi application, these policies must still be obeyed and implemented in order to prevent the transmission of the COVID-19 virus in public facilities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si; 2). Sujarwo, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 14988 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:30
Last Modified: 24 Aug 2022 03:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33153

Actions (login required)

View Item View Item