SANTI MAUDIARTI, . (2016) PENERAPAN E-LEARNING DI UNIVERSITAS Studi Kasus pada Program Studi Teknologi Pendidikan (Strata-1) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 1-6, daftar pustaka, riwayat hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
cover.pdf Download (16kB) |
|
Text
ABSTRAK, KT PENGANTAR, DAFTAR ISI -edit 160216.pdf Download (253kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa adanya tentang penerapan e-learning di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan berbagai teknik pengumpulan data yaitu analisis arspi/dokumen, kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat 20 mata kuliah yang diselenggarakan dengan e-learning oleh 7 orang dosen Program Studi Teknologi Pendidikan; 2) e-learning yang diterapkan adalah blended learning yang mengkombinasikan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online; 3) penerapan e-learning telah melalui tahap analisis, desain dan pengembangan; 4) tahap analisis meliputi analisis karakteristik siswa dan analisis lingkungan e-learning); 4) tahap desain dimana sebagian besar dirancang dengan pola pembelajaran online (mempelajari materi, memperdalam materi melalui forum diskusi online, menerapkan pengetahuan melalui penugasan online, dan evaluasi melalui tes online dan pembelajaran tatap muka lebih menekankan pada diskusi mendalam, demonstrasi, studi kasus, dan praktek; 5) tahap pengembangan dosen mengembangkan materi dengan memanfaatkan materi yang telah ada; 5) implementasi blended learning menarik dan disukai oleh mahasiswa; 6) pelaksanaan e-learning berjalan dengan baik karena adanya komitmen yang kuat dari dosen, kefamiliaran TIK mahasiswa dan dukungan program studi; dan 7) faktor penghambat penerapan e-learning lebih pada lemahnya dukungan kebijakan dan infrastruktur TIK yang belum memadai. Berdasarkan temuan penelitian direkomendasikan agar program studi teknologi pendidikan memiliki standar minimal pengembangan dan implementasi blended learning dan meningkatkan dukungan fasilitas dan akses terhadap internet yang memadai. This research was aimed to describe as is the application of e-learning at the Department of Educational Technology, Faculty of Education Science, Jakarta State University. This research used case study research with multiple data collection techniques, i.e. archival/document analysis, questioners, and interview. Research findings revealed that: 1) there are 20 courses conducted using e-learning by seven lecturers; 2) e-learning used blended learning approaches which combine face-to-face and online learning; 3) e-learning itself developed through analysis, design and development phases; 4) analysis phase including students characteristics analysis, eelarning environment analysis and content analysis; 5) design phase including online leaerning design (designing content, discussion for online discussion forum, assignment for online assignment, and test item for online evaluation) and face-to-face learning design including deep discussion, case study, and demonstration nad practices; 6) student acceptance on blended was high; 7) there were several barriers in implementing e-learning due to lack of policy and ICT infrastructure support; and 7) supporting factors of implementation e-learning were the high commitment from lecturers and students, and the familiarity of students toward ICT. Based on research findings, Department of Educational Technology was recommended to have a minimum standard of development and implementation of e-learning and to enhance ICT infrastructure support, esp. access adequate internet connectivity.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Diana Nomida, M.Pd; 2). Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 06:23 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 06:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33193 |
Actions (login required)
View Item |