PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA MENGENAI PEMBELAJARAN DARING

RIFDAH MUSLIMAH, . (2022) PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA MENGENAI PEMBELAJARAN DARING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Persepsi mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta mengenai pembelajaran daring; (2) Perbedaan persepsi mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta antara keadaan sebenarnya dan keadaan ideal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kuantitatif. Instumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala semantik diferensial. Kuesioner persepsi ini terdiri tujuh indikator, diantaranya : (1) Kesiapan mahasiswa dalam pembelajaran daring; (2) Dampak – dampak adanya pembelajaran daring; (3) Kesiapan dosen dalam pembelajaran daring; (4) Materi ajar dalam pembelajaran daring; (5) Aplikasi yang digunakan selama pembelajaran daring; (6) Internet yang dimiliki selama pembelajaran daring dan; (7) Perangkat yang dimiliki selama pembelajaran daring. Instrumen penelitian diuji validitas reliabilitasnya sebelum dipergunakan untuk mengumpulkan data. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan menggunakan Pearson Product Moment serta uji-t untuk mengetahui perbedaan pembelajaran daring berdasarkan keadaan ideal dan keadaan sebenarnya. Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Jakarta sebanyak 125 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Persepsi mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta mengenai pembelajaran daring yaitu dari ketujuh indikator secara keseluruhan sudah baik. Namun masih terdapat kekurangan pada indikator internet yang dimiliki untuk melakukan pembelajaran daring; (2) Terdapat perbedaan persepsi mahasiswa antara keadaan sebenarnya dan keadaan ideal dengan nilai thitung > ttabel pada setiap indikator yang diteliti sebagai berikut: Indikator 1: 18,446 > 1,979; Indikator 2: 25,803 > 1,979; Indikator 3: 17,260 > 1,979; Indikator 4: 19,728 > 1,979; Indikator 5: 18,383 > 1,979; Indikator 6: 28,898 > 1,979 dan; Indikator 7: 19,221 > 1,979. Kesimpulan penelitian ini yaitu : (1) Persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran daring yaitu senang melaksanakan pembelajaran daring; (2) thitung > ttabel pada semua indikator sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran daring berdasarkan keadaan ideal dan keadaan sebenarnya. **** This study aims to: (1) Perceptions of students of Electrical Engineering Education, State University of Jakarta regarding courageous learning; (2) Differences in the perception of students of Electrical Engineering Education, State University of Jakarta between the actual situation and the ideal state. This research is a descriptive study with a quantitative approach method. The instrument used in this study was a questionnaire with a semantic differential scale. This perception questionnaire consists of seven indicators, including: (1) Students' readiness for bold learning; (2) The impact of bold learning; (3) The readiness of lecturers in bold learning; (4) Teaching materials in bold learning; (5) Applications used during bold learning; (6) Internet owned during the brave and learning; (7) The tools that are owned during the learning are brave. The research instrument was tested for reliability before being used to collect data. The analysis prerequisite test uses the normality test using the Pearson Product Moment and the t-test to find out the differences in learning based on ideal and actual conditions. The sample in this study were 125 students of the Electrical Engineering Education study program, State University of Jakarta. The results of the study showed: (1) The perception of students of Electrical Engineering Education, State University of Jakarta regarding courageous learning, namely from the seven overall was good. However, there are still shortcomings in the internet indicators that are owned to carry out bold learning; (2) There are differences in student perceptions between the actual situation and the ideal situation with the value of tcount > ttable on each of the indicators studied as follows: Indicator 1: 18.446 > 1.979; Indicator 2: 25,803 > 1,979; Indicator 3: 17,260 > 1,979; Indicator 4: 19,728 > 1,979; Indicator 5: 18,383 > 1,979; Indicator 6: 28.898 > 1.979 and; Indicator 7: 19,221 > 1,979. The conclusions of this study are: (1) Students' perceptions of bold learning are happy to carry out bold learning; (2) tcount > ttable on all indicators where there is a significant difference between learning based on ideal conditions and actual conditions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Suyitno, M.Pd. ; 2). Dr. Muksin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 15129 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:28
Last Modified: 26 Aug 2022 02:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33246

Actions (login required)

View Item View Item