PENGARUH INTERAKSI ORANG TUA-ANAK TERHADAP KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DI MASA PANDEMI COVID-19

HESTI SOLEKHAH, . (2022) PENGARUH INTERAKSI ORANG TUA-ANAK TERHADAP KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DI MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (494kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaksi orang tua-anak terhadap kecerdasan sosial anak usia sekolah di masa Pandemi Covid-19. Pengumpulan data pada bulan November-Desember 2021. Penelitian ini melibatkan 270 orang siswa siswi kelas IV,V, dan VI Sekolah Dasar Negeri di DKI Jakarta yang dipilih menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Data interaksi orang tua-anak dikumpulkan dengan menggunakan instrumen Parent-Child Interaction Questionnaire-Revised yang terdiri atas 19 pernyataan. Data kecerdasan sosial dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kecerdasan sosial modifikasi Goleman yang terdiri atas 22 pernyataan. Data yang telah dikumpulkan diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistika inferensial yaitu uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi orang tua-anak berpengaruh positif signifikan terhadap kecerdasan sosial anak usia sekolah (0,000<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin baik interaksi orang tua-anak yang dialami anak maka semakin tinggi pula tingkat kecerdasan sosial yang dimiliki. Dengan demikian, perlunya meningkatkan interaksi orang tua yang positif sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan sosial pada anak usia sekolah. Kata kunci: anak usia sekolah, interaksi orang tua-anak, kecerdasan sosial. *********** This study aims to analyze the effect of parent-child interaction on school-age social intelligence during the Covid-19 Pandemic. Data collection in NovemberDecember 2021. This study involved 270 students in grades IV, V, and VI of State Elementary Schools in DKI Jakarta who were selected using the proportional stratified random sampling technique. Parent-child interaction data were collected using the Parent-Child Interaction Questionnaire-Revised instrument consisting of 19 statements. Social intelligence data were collected using a modified Goleman social intelligence instrument consisting of 22 statements. The data that has been collected is processed and analyzed using descriptive statistics and inferential statistics, namely simple linear tests. The results showed that the parent-child interaction had a significant positive effect on the social intelligence of school-age children (0,000<0.05). These results indicate that the better the parent-child interaction experienced by children, the higher the level of social intelligence they have. Thus, it is necessary to increase positive parental interactions as an effort to increase social intelligence at school age

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Shinta Doriza, M.Pd.,M.S.E. ; 2). Elmanora, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 15055 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:55
Last Modified: 26 Aug 2022 02:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33311

Actions (login required)

View Item View Item