STRATEGI SEKOLAH RELAWAN DEPOK DALAM MEMBINA WARGA NEGARA GLOBAL BERDASARKAN NILAI-NILAI PANCASILA (Studi Kualitatif pada Sekolah Relawan Depok)

HANNY MILLENIA, . (2022) STRATEGI SEKOLAH RELAWAN DEPOK DALAM MEMBINA WARGA NEGARA GLOBAL BERDASARKAN NILAI-NILAI PANCASILA (Studi Kualitatif pada Sekolah Relawan Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
[1] COVER.pdf

Download (530kB)
[img] Text
[2] BAB 1.pdf

Download (189kB)
[img] Text
[3] BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
[4] BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
[5] BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text
[6] BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
[7] DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
[8] LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai strategi Sekolah Relawan Depok dalam membina warga negara global yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila melalui aktivitas kerelawanan, serta mendapat telaah lebih jauh mengenai dampak aktivitas kerelewanan pada individu yang menjadi volunteer di Sekolah Relawan, dalam membina warga negara global yang memiliki keterampilan berpartisipasi sebagai warga negara. Kecenderungan berperilaku budaya Barat masih menjadi suatu permasalahan dalam upaya membina warga negara global di Indonesia sebagai negara berkembang, karena dapat menjadi ancaman terkikisnya nilai-nilai luhur bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk mendapatkan data yang rinci dan mendalam untuk menemukan makna dari pengalaman volunteer selama bergabung di Sekolah Relawan dalam membina warga negara global. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipatif dan wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu berupa pedoman wawancara dengan pertanyaan terbuka serta lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles and Huberman. Jumlah partisipan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang melibatkan lima orang volunteer sebagai Informan, salah satu Founder Sekolah Relawan satu orang dan pengurus inti Sekolah Relawan satu orang sebagai Key Informan, serta satu Dosen PPKN UNJ sebagai Expert Opinion. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh Sekolah Relawan dalam membina warga negara global yaitu dengan membuat program aktivitas kerelawanan yang sarat akan nilai-nilai Pancasila mulai dari program Orientasi Relawan, Program Yatim Bright, Tatar Nusantara, dan Program Sosial Kemanusiaan lainnya yang tentunya sejalan dengan kompetensi warga negara global. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dengan mengikuti aktivitas kerelawanan secara rutin maka volunteer akan terbiasa untuk bersikap sebagai warga negara global seperti peduli lingkungan, memiliki kesadaran akan tanggungjawab isu-isu lokal maupun global, mampu berkolaborasi dan berpikir kritis serta terlibat aktif. ***** This study aims to obtain empirical data on the Depok Volunteer School's strategy in fostering global citizens based on Pancasila values through volunteer activities, as well as to obtain further studies on the impact of volunteer activities on individuals who volunteer at the Volunteer School, in fostering global citizens. who have the skills to participate as citizens. The tendency to behave in Western culture is still a problem in efforts to foster global citizens in Indonesia as a developing country, because it can be a threat to the erosion of the nation's noble values. This study uses a qualitative approach with phenomenological methods to obtain detailed and in-depth data to find meaning from the volunteer experience while joining the Volunteer School in fostering global citizens. Data collection techniques used are participatory observation and semi-structured interviews, and documentation. The instrument used in data collection is in the form of interview guidelines with open questions and observation sheets. The data analysis technique used is the Miles and Huberman model. The number of participants in this study amounted to 8 people involving five volunteers as informants, one volunteer school founder and one volunteer school administrator as key informants, and one PPKN UNJ lecturer as an expert opinion. The findings of this study indicate that the strategy used by the Volunteer School in fostering global citizens is to create a volunteer activity program that is full of Pancasila values starting from the Volunteer Orientation program, Bright Orphans Program, Tatar Nusantara, and other Social-Humanitarian Programs which of course in line with the competence of global citizens. The conclusion of this study is that by participating in volunteer activities regularly, volunteers will get used to acting as global citizens such as caring for the environment, having awareness of responsibility for local and global issues, being able to collaborate and think critically and be actively involved.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd. 2). Asep Rudi Casmana, S.Pd., M.A.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 15074 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 06:35
Last Modified: 25 Aug 2022 06:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33321

Actions (login required)

View Item View Item