PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK MENGAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU MELALUI EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

SULIS RIZKYKA NURCAHYANI, . (2022) PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK MENGAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU MELALUI EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (950kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman praktik mengajar terhadap minat menjadi guru yang dimediasi oleh efikasi diri pada mahasiswa pendidikan di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan di Universitas Negeri Jakarta dengan jumlah sampel sebesar 250 mahasiswa yang berpedoman pada Teori Roscoe sebesar 10% dari total populasi serta teknik sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pengalaman praktik mengajar berpengaruh positif dan signifikan sebesar 38,1% terhadap minat menjadi guru, efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan sebesar 30,6% terhadap minat menjadi guru, pengalaman praktik mengajar berpengaruh positif dan signifikan sebesar 39,6% terhadap efikasi diri serta peran efikasi diri memediasi antara pengalaman praktik mengajar sebesar 12,1% terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan di Universitas Negeri Jakarta. Dengan adanya variabel intervening dalam penelitian ini mampu menjadi penghubung atau perantara antara variabel eksogen dengan variabel endogen sehingga memiliki nilai total yaitu 50,2%. ***** This study aims to know the effect of teaching practice experience on interest in becoming a teacher which is mediated by self-efficacy in education students at the State University of Jakarta. This study uses a quantitative approach and uses primary data. The population in this study are students of education at the State University of Jakarta with a total sample of 250 students who are guided by the Roscoe Theory of 10% of the total population and the sample technique used is proportional random sampling. This study shows the results that teaching practice experience has a positive and significant effect of 38.1% on interest in becoming a teacher, self-efficacy has a positive and significant effect of 30.6% on interest in becoming a teacher, teaching practice experience has a positive and significant effect of 39.6% on self-efficacy and the role of self-efficacy mediating between teaching practice experience of 12.1% and interest in becoming a teacher in education students at the State University of Jakarta. With the intervening variable in this study, it is able to be a liaison or intermediary between exogenous variables and endogenous variables so that it has a total value of 50.2%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ari Saptono, S.E., M.Pd. ; 2). Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14958 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:03
Last Modified: 26 Aug 2022 03:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33360

Actions (login required)

View Item View Item