PENGARUH FREKUENSI BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI KELAS XI IPS SMAN 45 JAKARTA

ANNISA APRILIA ANAS, . (2022) PENGARUH FREKUENSI BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI KELAS XI IPS SMAN 45 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh frekuensi belajar dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar sosiologi pada kelas XI jurusan IPS SMAN 45 Jakarta. Pada penelitian ini variable independen (bebas) adalah frekuensi belajar dan motivasi belajar siswa, yaitu durasi siswa belajar sosiologi, tingkat kesukaan siswa pada sosiologi, lingkungan belajar siswa, serta pengaruh dukungan dari orang tua, guru, dan teman siswa. Variable dependen (terikat) dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, yaitu nilai raport atau nilai akhir. Penelitian menggunakan pendekatan kuantiatif dengan metode survey. Variable pada penelitian ini yaitu, hasil belajar sosiologi ( Variabel Y), frekuensi belajar (X1) dan motivasi belajar (X2). Pengumpulan data, analisis, dan penelitian skripsi dimulai pada bulan November 2020 sampai Januari 2022. Teknik sampling yang digunakan ialah probability dengan jenis random sampling. Sample penelitian ini terdiri dari 61 siswa kelas XI IPS SMAN 45 Jakarta dari populasi siswa Kelas XI IPS SMAN 45 Jakarta tahun ajaran 2021/2022. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner melalui google form yang terdiri dari 35 butir item pernyataan dan untuk variable y melihat nilai rapot yang diperoleh dari sekolah SMAN 45 Jakarta. Pengolahan data menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan SPSS versi 23. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dan bertumpu pada analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian, ditemukan persamaan regresi linear berganda yaitu 137.665+0.596+0.172. Hasil penelitian bahwa pertama, frekuensi belajar memengaruhi hasil belajar sebesar sosiologi kelas XI IPS SMAN 45 sebesar 89.82%. Kedua, motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar sosiologi kelas XI IPS SMAN 45 sebesar 70.72%. Ketiga, frekuensi belajar dan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar sosiologi kelas XI IPS SMAN 45 Jakarta sebesar 60.83% secara simultan. Dapat disimpulkan variabel frekuensi belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sosiologi kelas XI IPS SMAN 45 Jakarta sebesar 67.7%, sedangkan sisanya sebesar 32,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil belajar ditentukan oleh durasi waktu belajar yang tinggi dan juga motivasi dari dalam diri siswa. ***** This research is aim to measure the influence of frequency of learning and learning’s motivation on student’s sociology final result class of XI majoring social science at 45 senior high school Jakarta. The independent variable of this research are frequency of learning and learning’s motivation such as duration on learning sociology, the likely to learn sociology, the student’s environment, the role of parents, teacher, and friends. Dependent variable of this research is final result which taken from report card of final semester 1. This research is using quantitative approach with survey method. The variables in this research are sociology’s final result (Variable Y), frequency of learning (Variable X1), and learning’s motivation (Variable X2). Data collection, analysis, and essat report writing was begin at november 2020 until January 2022. The sampling technique is using probability with random sampling type. There are 61 students of sample from population of class XI majoring social science in 45 SHS. The process of data collection was performed by distributing the questioner by using google form that consist of 35 statements items. For variable Y, the reasearcher took it form report card from sociology’s teacher. Data processing was using Microsoft excel application and SPSS version 23. Analysis technique is using descriptive analyse and inferential focused on multiple linear regression analysis. The results of the research shows that firstly, frequency of learning is directly affect on sociology’s learning outcomes in XI grade majoring Social of SMAN 45 Jakarta at 89.82%. Second, learning motivation is directly affect on sociology’s learning outcomes in XI grade social majoring of SMAN 45 Jakarta at 70.72%. In summary, frequency of learning and learning’s motivation are affecting on student’s final outcomes of sociology class of XI majoring in social at SMAN 45 Jakarta value of 67.7% while the remaining 32.3% is influenced by other variables. Keywords : Frequency of Learning, Learning’s Motivation, Sociology Learnings Outcome

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM., M.Si 2). Prima YUstisia Nurul Islami, S.KPm., M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 14831 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:22
Last Modified: 29 Aug 2022 01:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33380

Actions (login required)

View Item View Item