HASNI NUR FASIHA, . (2020) PERENCANAAN KOMUNIKASI DIVISI CORPORATE COMMUNICATION PT. KERETA COMMUTER INDONESIA (KCI) DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM PIN KHUSUS IBU HAMIL (Studi Deskriptif : Terkait Cara Pembuatan Pin Khusus Ibu Hamil). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
HASNI.pdf Download (371kB) |
|
Text
01 COVER.pdf Download (514kB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Download (327kB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
|
Text
06 BAB V.pdf Download (112kB) |
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
|
Text
08 LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam rangka merespon berbagai keluhan dan keresahan ibu hamil yang kesulitan mendapatkan kursi di dalam kereta commuter line, PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) merilis program pin khusus ibu hamil pada 4 September 2019 sebagai bentuk kepedulian terhadap penumpang kereta commuter line khususnya penumpang ibu hamil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan komunikasi yang dilakukan PT. KCI dalam mensosialisasikan program pin khusus ibu hamil terkait dengan cara pembuatan pin khusus hamil tersebut. Penelitian ini menggunakan model perencanaan komunikasi yang dibuat oleh Assifi dan French mengenai langkah-langkah dalam perencanaan komunikasi yang terdiri dari menganalisis masalah, menganalisis khalayak, menetapkan tujuan, memilih media, mengembangkan pesan, memproduksi media, melaksanakan program, serta melakukan monitoring dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif, dilakukan dengan wawancara mendalam dengan 2 Key Informan dan 6 informan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta menggunakan trianggulasi sumber dalam menguji keabsahan data. Hasil dari penelitian ini diketahui dalam menganalisis masalah PT. KCI melihat dari keluhan pelanggan di media sosial PT. KCI dan mendiskusikan permasalahan tersebut dengan komunitas kereta api Jabodetabek, khalayak sasaran program ini adalah ibu hamil yang rutin dan loyal menggunakan kereta commuter line, tujuan program ini adalah meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, pin digunakan sebagai media penyampaian informasi, media komunikasi lainnya yang digunakan yaitu pemberitahuan di dalam kereta, website kereta commuter line, dan media sosial instagram dan twitter, pesan yang disampaikan bersifat informatif, sejak di rilis hingga saat ini program pin khus ibu hamil masih tetap berjalan, saran, kritik serta keluhan menjadi bahan evaluasi PT.KCI demi tercapainya pelayanan yang maksimal Kesimpulan penelitian ini yaitu untuk menjalankan suatu program yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai harus mengukur perencanaan komunikasi terlebih dahulu, apakah sudah sesuai dengan perencanaan awal. Kata kunci: Perencanaan Komunikasi, Program Pin Khusus Ibu Hamil, Assifi dan French ABSTRACT In order to respond to various complaints and concerns of pregnant women who have difficulty getting a seat on the commuter line train, PT. Indonesian Commuter Train (KCI) released a special pin program for pregnant women on September 4, 2019 as a form of concern for commuter line train passengers, especially pregnant women passengers. The purpose of this study was to find out how the communication planning carried out by PT. KCI in socializing the program for special pins for pregnant women is related to the way of making these special pins for pregnant women. In this research uses a communication planning model created by Assifi and French regarding the steps or stages in communication planning consisting of analyzing problems, analyzing audiences, setting goals, choosing media, developing messages, producing media, implementing programs, and monitoring and evaluation. This research uses a qualitative approach with the type of descriptive method, conducted in-depth interviews with 2 Key Informants and 6 informants. Data collection techniques through interviews, observation, and documentation, as well as using source triangulation in testing the validity of the data. The results of this study are known in analyzing the problem of PT. KCI saw from customer complaints on PT.KCI social media and discussed the problem with the Jabodetabek railroad community, the target audience for this program was pregnant women who routinely and loyally used the commuter line train, the aim of the program was to improve service to customers, pins were used as media delivery of information, other communication media used, namely notifications on the train, the commuter line train website, and social media instagram and twitter, the message delivered is informative, since it was released until now the program pin khus pregnant women is still running, suggestions, criticism and complaints become PT.KCI's evaluation material for the achievement of maximum service The conclusion of this research is to run a program in accordance with the objectives to be achieved must first measure communication planning. Keywords: Communication Planning, Special Pin Program for Pregnant Women, Assifi and French
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1). Wina Puspita Sari. M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Transportasi |
Divisions: | FIS > D III Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Users 255 not found. |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 16:03 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 16:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3340 |
Actions (login required)
View Item |