PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO STOP MOTION UNTUK MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI DI SMK NEGERI 16 JAKARTA

HERLIN WIDYA ASTUTI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO STOP MOTION UNTUK MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI DI SMK NEGERI 16 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Merancang dan membuat media pembelajaran yang berbentuk video stop motion untuk digunakan dalam proses pembelajaran PPKn di kelas XI-1 Jurusan Otomisasi Tata Kelola Perkantoran dan 2). Untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran stop motion yang telah dikembangkan. Metode dalam penelitian ini menggunakan Research and Development yang mengacu pada model pengembangan DDD-E. Penelitian ini meliputi 4 tahap, yaitu 1). Tahap Decide 2). Tahap Design 3). Tahap Develop, dan 4). Tahap Evaluate. Uji coba dilaksanakan setelah melalui uji coba oleh ahli media dan ahli materi, dengan melibatkan 32 siswa kelas XI-1 Jurusan Otomisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Negeri 16 Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Penelitian menghasilkan sebuah video pembelajaran PPKn yang dapat dipergunakan oleh siswa kelas XI pada Bidang Keahlian Otomisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 16 Jakarta 2). Kelayakan video stop motion yang dikembangkan berdasarkan dari penilaian ahli materi menggunakan Skala Guttman dan persentase hasilnya adalah 100% sedangkan pengujian pada ahli media menggunakan skala likert dan persentase hasilnya adalah 84% masuk ke dalam kriteria sangat layak, hasil uji coba responden dengan hasil 85,74% masuk ke dalam kriteria sangat layak dan sesuai sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bagi guru dan peserta didik kelas XI-1 Jurusan Otomisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Negeri 16 Jakarta. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari hasil penelitian tersebut adalah pengembangan media pembelajaran berbasis video stop motion menggunakan metode DDD-E dengan 4 langkah tahapan, termasuk dalam kategori sangat baik serta dari hasil pernyataan 32 siswa kelas XI-I Jurusan Otomisasi Tata Kelola Perkantoran yang merasakan manfaat dari penggunaan media pembelajaran berbasis video stop motion dalam membantu memahami materi PPKn. *** This study aims to: 1). Design and create learning media in the form of stop motion videos to be used in the ppkn learning process in class XI-1 department of Office Governance Automation and 2). To find out the feasibility of the stop motion learning media product that has been developed. The method in this study uses Research and Development which refers to the DDD-E development model. This research includes 4 stages, namely 1). Stage Decide 2). Design Stage 3). Develop stage, and 4). Evaluate Stage. The trial was carried out after a trial by media experts and material experts, involving 32 students of class XI-1 of the Office Governance Automation Department (OTKP) at SMK Negeri 16 Jakarta. The results of this study show that: 1). The study produced a learning video that can be used by class XI students in the Field of Office Governance Automation Expertise at SMK Negeri 16 Jakarta 2). The feasibility of stop motion videos developed based on the assessment of material experts using the Guttman Scale and the percentage of results is 100% while testing on media experts uses a likert scale and the percentage of results is 84% entered into the criteria is very feasible, the results of the trial of respondents with results of 85.74% entered into the criteria are very feasible and appropriate so that they can be used as a learning medium for teachers and students of class XI-1 Of the Automation Department Office Governance (OTKP) at SMK Negeri 16 Jakarta. The conclusion that can be obtained from the results of the study is the development of stop motion video-based learning media using the DDD-E method with 4 stages, included in the excellent category and from the results of statements of 32 class XI-I students of the Office Governance Automation Department who benefited from the use of stop motion video-based learning media in helping to understand the PPKn material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Komarudin, M.Si. ; 2). Fauzi Abdillah, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 15272 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:33
Last Modified: 05 Sep 2022 03:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33445

Actions (login required)

View Item View Item