HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) DENGAN KEMAHIRAN BERBICARA PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AZWIDA FAQIH, . (2015) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) DENGAN KEMAHIRAN BERBICARA PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Azwida Faqih.pdf

Download (866kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan dan kemahiran berbicara pada mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta Penelitian dilaksanakan di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta dimulai dari April – Mei 2015 dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan intelektual (IQ) dengan kemahiran berbicara mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa/i semester ke-2 di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta yang berjumlah 51 orang dan samplenya berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kecerdasan intelektual (IQ) adalah dengan menggunakan soal tes potensi akademik yang berjumlah 30 soal. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemahiran berbicara mahasiswa adalah dengan tes lisan antara peneliti dengan mahasiswa tentang tema tertentu. Metode analisis data yang digunakan adalah metode korelasi. Berdasarkan nilai korelasi Rank Spearman didapatkan hasil 0,974. Sedangkan pada tebel dengan jumlah data 25 didapatkan hasil 0,409 yang berarti lebih besar nilai dalam korelasi hitung maka lebih tinggi korelasi kedua variabel. Artinya adanya korelasi yang tinggi antara kecerdasan dengan kemahiran berbicara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Chakam Failasuf, M.Pd. ; 2). Muhammad Kamal, M.A.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 06:33
Last Modified: 26 Aug 2022 06:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33461

Actions (login required)

View Item View Item