PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORD SEARCH PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 36 JAKARTA

DIENTA ARSY SALSABILA, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORD SEARCH PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 36 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (623kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh dari penggunaan media pembelajaran word search puzzle terhadap hasil belajar peserta didik. Word search puzzle adalah sebuah permainan dengan menemukan kata yang berjenis teka-teki, dalam permainan ini sudah tersedia huruf-huruf yang disusun teracak dengan cara menandai huruf atau kata yang ditemukan. Kata-kata tersembunyi tersebut bisa didapati secara horizontal, vertikal, maupun diagonal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan teknik simple random sampling. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 310 siswa kelas 7 sedangkan jumlah sampel sebanyak 64 orang yaitu peserta didik kelas 7A dan 7B SMP Negeri 36 Jakarta. Instrumen penelitian ini adalah tes yang dilakukan pada pretest dan posttest peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran word search puzzle dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik pada posttest yakni sebesar 0,83 dari sebelumnya sebesar 7,56 menjadi 8,39. Kesimpulan yang didapatkan pada penelitian ini adalah media pembelajaran word search puzzle dapat berpengaruh terhadap hasil belajar berdasarkan hasil yang diperoleh pada uji-t bahwa nilai-t signifikan (p = 0,003 < 0,05) yang dapat diinterpretasikan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Uji hipotesis yang telah dilakukan juga diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,011 < 0,05 yang menunjukan bahwa bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran word search puzzle terhadap hasil belajar peserta didik. ***** This study aims to see whether there is an effect of using word search puzzle learning media on student learning outcomes. Word search puzzle is a game by finding words in the form of a puzzle, in this game there are letters arranged randomly by marking the letters or words found. These hidden words can be found horizontally, vertically, or diagonally. The method used in this study is a quantitative approach with experimental methods. Sampling in this study using probability sampling technique with simple random sampling technique. The total population in this study was 310 7th grade students while the total sample was 64 people, namely 7A and 7B students of SMP Negeri 36 Jakarta. The research instrument is a test conducted on the pretest and posttest of students. The results of this study are the use of word search puzzle learning media can affect student learning outcomes as indicated by an increase in student learning outcomes in the posttest which is 0.83 from the previous 7.56 to 8.39. The conclusions obtained in this study areword search puzzle learning media can affect learning outcomes based on the results obtained in t-test that the t-value is significant (p = 0.003 < 0.05) which can be interpreted that the learning outcomes of students in the experimental class and control class differ significantly. The hypothesis test that has been carried out is also obtained by Asymp. Sig. (2-tailed) of 0.011 <0.05 which indicates that Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that there is an effect of using word search puzzle learning media on student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Asep Rudi Casmana, S.Pd., M.A.; 2). Dr. Yasnita, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 15252 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:04
Last Modified: 26 Aug 2022 03:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33468

Actions (login required)

View Item View Item