MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL ACTIVE LEARNING TIPE THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BATUTULIS 1 BOGOR SELATAN

SITY MANZILAH RACHMAH, . (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL ACTIVE LEARNING TIPE THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BATUTULIS 1 BOGOR SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (93kB)
[img] Text
03 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (530kB)
[img] Text
04 HALAMAN ORISINALITAS.pdf

Download (277kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model Active Learning Tipe The Power Of Two pada siswa kelas V SD Negeri Batutulis 1 Bogor Selatan yang berjumlah 29 siswa. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model tindakan Kemmis dan Mc Tagart, meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan non tes. Hasil pada siklus I, presentase siswa yang mencapai nilai hasil belajar sebesar 62,07% dari seluruh siswa. Kemudian pada siklus II sebesar 82,7% sehingga sudah melebihi target pencapaian yang ditentukan dan penelitian dapat dihentikan di siklus II ini. Hasil pemantau tindakan aktivitas siswa dengan model Active Learning Tipe The Power Of Two pada siklus I sebesar 78% dan pada siklus II 88,6%. Hasil pemantau tindakan aktivitas guru pada siklus I sebesar 84%, dan pada siklus II menjadi 90,8%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Batutulis 1 Bogor Selatan melalui penerapan model Active Learning Tipe The Power Of Two. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Active Learning Tipe The Power Of Two dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Batutulis 1 Bogor Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Yustia Suntari, M.Pd 2) Dr. Edwita, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Feb 2020 10:52
Last Modified: 06 Feb 2020 10:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3348

Actions (login required)

View Item View Item