PEMBINAAN MORAL PADA SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI MADRASAH BERASRAMA(Studi Kualitatif di Madrasah Aliyah Attaqwa Pusat Putra)

RIDWAN JAMALUDIN, . (2022) PEMBINAAN MORAL PADA SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI MADRASAH BERASRAMA(Studi Kualitatif di Madrasah Aliyah Attaqwa Pusat Putra). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (372kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang nilai-nilai moral yang ditanamkan dalam pembinaan moral melalui metode pembiasaan di Madrasah Attaqwa Pusat putra dan Proses pembinaan moral melalui metode pembiasaan melalui metode Pembiasaan di Madrasah Attaqwa Pusat Putra. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dalam penelitian ini berasal dari Observasi di Madrasah Attaqwa Pusat Putra, hasil dokumentasi, wawancara yang melibatkan, Wakil Kepala Sekolah, Pengasuh Asrama, dan Siswa, dan studi kepustakaan, yang dimulai pada Maret 2022 sampai dengan Mei 2022. untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi data dan member check. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai moral yang ditanamkan dalam pembinaan moral melalui metode pembiasaan di Madrasah Aliyah Attaqwa Pusat Putra meliputi nilai moral universal yakni berupa, nilai religius, nilai rasa hormat, tanggung jawab, keberanian, jujur, disiplin diri, tolong menolong, serta peduli sesama dan pada proses pembinaan moral melalui metode pembiasaan, nilai-nilai moral tersebut diwujudkan ke dalam pembiasaan rutin, spontan dan pemberian keteladanan, seperti salat berjamaah, pengajian, latihan pidato, apel pagi, pembiasaan takzim, penggalangan dana, dan keteladanan guru. Kesimpulan dari penelitian ini dapat diketahui dalam pembinaan moral melalui metode pembiasaan terdapat nilai-nilai moral universal yang ditanamkan ke dalam diri siswa, dan pada proses pembinaan moral melalui metode pembiasaan ini berfokus pada aspek penalaran moral, perasaan moral, perilaku moral, dengan demikian melalui pembiasaan yang dilakukan diharapkan dapat membentuk pengetahuan, sikap dan perilaku moral pada diri siswa. ***** The purpose of this research is to know, moral values that are instilled in the process of moral development through the habituation method at the MA Attaqwa Pusat Putra, and the process of moral development of students with the habituation method at the MA Attaqwa Pusat Putra. The study used a descriptive method with a qualitative approach. The source of the data is obtained by observations in Madrasah Aliyah Attaqwa Pusat Putra, Documentation, interviews involving, Assisstant Principal dorm sitters, and student, literature studies, which began on March 2022 until May 2022 This research is tested for get the validity of data which is using data triangulation techniques and member check. The technique data analysis which is used consisted of data reduction, data presentation, and conclusion drawing.The results indicate that: the moral values that are instilled in the moral development process through the habituation method at the MA Attaqwa Pusat Putra include universal moral values in the of religious, respect, responsibility, courage, honesty, self-discipline, helping, and caring for others. the process of moral development on students through the habituation method at MA Attaqwa Pusat Putra, these moral values are manifested in routine, spontaneous habituation, and giving examples, such as congregational prayers, recitations, speech exercises, morning apples, habituation of takzim, fundraising, and exemplary teacher. The conclusion of this study can be seen that in moral development through the habituation method there are universal moral values that are instilled into students, and in the process of moral development through this habituation method, it focuses on aspects of moral reasoning, moral feelings, moral behavior, thus through habituation. What is done is expected to form knowledge, attitudes, and moral behavior in students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Raharjo, S.Pd., M.Si. 2) Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 14874 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 05:43
Last Modified: 26 Aug 2022 05:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33486

Actions (login required)

View Item View Item