PENGGUNAAN METODE PHONICS DALAM PROSES PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 4-5 TAHUN (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelompok A TK Mentari Intelegensia Jakarta)

KHANSA ALRAZI, . (2020) PENGGUNAAN METODE PHONICS DALAM PROSES PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 4-5 TAHUN (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelompok A TK Mentari Intelegensia Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (856kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode phonics dalam proses pembelajaran membaca bahasa Inggris anak usia 4-5 tahun di TK Mentari Intelegensia Rawamangun, penelitian ini dilaksanakan Juli - Agustus 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan pada anak usia 4-5 tahun di TK Mentari Intelegensia, Rawamangun. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, display data, dan verifikasi/kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan melakukan perpanjangan pengamatan dan member check Hasil penelitian memperoleh temuan bahwa penggunaan metode phonics dalam proses pembelajaran membaca bahasa Inggris membuat anak mampu mengenal huruf dan bunyinya lebih cepat dengan penggunaan nyanyian dan gerakan. Penggunaan metode phonics ini juga memiliki beberapa kelemahan yang bisa dibantu dengan gambar dan kata agar anak mampu memahami kata yang dibaca. ********** This study aims to describe the using of the phonics method in the process of learning to read English children aged 4-5 years at the Mentari Intelegensia School Rawamangun, this research was conducted July - August 2019. This study used a qualitative method carried out in children aged 4-5 years in the Mentari Intelligence Kindergarten, Rawamangun. Data collection techniques are by observation, interview, and documentation. The data analysis was carried out with data reduction, data display, and verification / conclusion stages. Check the validity of the data by extending the observation and member checking The results of the study found that the use of the phonics method in the process of learning to read English made children able to recognize letters and sounds faster with the use of singing and movement. The use of phonics method also has some weaknesses that can be helped with pictures and words so that children are able to understand words that are read.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. R. Sri Martini Meilani, M.Pd. ; 2). Dr. R. Sihadi Darmowihardjo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:45
Last Modified: 26 Aug 2022 07:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33513

Actions (login required)

View Item View Item