HUBUNGAN PENGETAHUAN STRUKTUR CERITA PENDEK DAN PENGETAHUAN KEBAHASAAN DENGAN PEMAHAMAN BACAAN CERITA PENDEK (Penelitian Korelasional di Kelas XI SMA Labschool Jakarta)

CHAIRUNNISA, . (2015) HUBUNGAN PENGETAHUAN STRUKTUR CERITA PENDEK DAN PENGETAHUAN KEBAHASAAN DENGAN PEMAHAMAN BACAAN CERITA PENDEK (Penelitian Korelasional di Kelas XI SMA Labschool Jakarta). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER DAN DAFTAR ISI KOMPLIT.pdf

Download (767kB)
[img] Text
05.BAB IV.pdf

Download (523kB)
[img] Text
02. BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
03. Bab II pengetahuan kebahasaan.pdf

Download (476kB)
[img] Text
04. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (453kB)
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA new.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LEMBAR PERBAIKAN.pdf

Download (490kB)
[img] Text
0.13 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
06.BAB V.pdf

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) pengetahuan struktur cerpen dengan pemahaman bacaan cerpen; (2) pengetahuan kebahasaan dengan pemahaman bacaan cerpen; (3) pengetahuan struktur cerpen dan pengetahuan kebahasaan dengan pemahaman bacaan cerpen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei teknik korelasional yang dilaksanakan di SMA Labschool Jakarta pada kelas XI pada tahun akademik 2014/2015 semester ganjil. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI. Adapun sampel yang diambil adalah 139 siswa dengan menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada hubungan positif pengetahuan struktur cerpen dan pemahaman bacaan cerpen dengan ry1= 0,503, persamaan regresi Ŷ=16,824+0,4823x1, dan koefisien determinasi yang dihasilkan adalah ry1 2 = 0,253. Ini berarti bahwa pengetahuan struktur cerpen berkontribusi dalam pemahaman bacaan cerpen sebesar 25,3%. (2) ada hubungan positif pengetahuan kebahasaan dan pemahaman bacaan cerpen dengan ry1=0,500, persamaan regresi Ŷ=21,3962+0,4716x2, dan koefisien determinasi yang dihasilkan adalah ry1 2 = 0,25. Ini berarti bahwa pengetahuan kebahasaan berkontribusi dalam pemahaman bacaan cerpen sebesar 25,0%. (3) ada hubungan positif antara pengetahuan struktur cerpen dan pengetahuan kebahasaan secara bersama-sama dengan pemahaman bacaan cerpen dengan ry12= 0,5035 persamaan regresi tersebut Ŷ= 18,355 + 0,314 x1 + 0,168x2, dan koefisien determinasi yang dihasilkan adalah ry12 2 = 0,2535. Ini berarti bahwa pengetahuan struktur cerpendan pengetahuan kebahasaan secara bersama-sama berkonstribusi dalam pemahaman bacaan cerpen sebesar 25,35%. Oleh karena itu, dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman bacaan cerpen siswa dapat meningkat dengan meningkatkan pengetahuan struktur cerpendan pengetahuan kebahasaan mereka secara individual maupun secara bersama-sama. ****** The purpose of this research is to know: (1) the correlation between knowledge of the structure of short stories and reading comprehension of short stories; (2) the correlation between linguistic knowledge and reading comprehension of short stories (3) the correlation between knowledge of the structure of short stories and linguistic knowledge with reading comprehension of short stories. This research is a quantitative research using the method correlational techniques survey conducted in high school Labschool Jakarta in class XI in the academic year 2014/2015 semester. The population in this study were all students of class XI. The samples taken were 139 students who are already using random sampling. The results of the research showed that: (1) there was a positive relationships knowledge of the structure of short stories and reading comprehension of short stories with ry1 = 0.503, regression equation Y = 16.824 + 0,4823x1, and the resulting coefficient of determination is ry12 = 0.253. This means that the knowledge of the structure of short stories contribute toreading comprehension the short story by 25.3%. (2) there was a positive relationships linguistic knowledge and reading comprehension of short stories with ry1 = 0.500, regression equation y = 21.3962 + 0,4716x2, and the resulting coefficient of determination is ry12 = 0.25. This means that the linguistic knowledge and reading comprehension of short stories with 25.0%. (3) there is a positive relationships between knowledge of the structure of short stories and linguistic knowledge together with readingcomprehension the short story with ry12 = 0.5035 The regression equation Y = 18.355+0.314x1+0,168x2, and the resulting coefficient of determination is ry122 = 0.2535. This means that the knowledge of the structure of short stories and linguistic knowledge together contribute to the reading comprehension the short story with 25.35%. Therefore, from the results of of this research it can be concluded that the ability of students to comprehension the short story can be increased by increasing the knowledge of the structure of short stories and linguistic knowledge they individually or jointly.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Fahrurrozi, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Sakura H. Ridwan, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:40
Last Modified: 26 Aug 2022 07:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33518

Actions (login required)

View Item View Item