HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 56 JAKARTA

PIPIT FITRIANI, . (2022) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 56 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (912kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan peserta didik untuk merasakan, memahami, menghargai perasaan orang lain, mengendalikan diri, motivasi diri, komitmen, konsistensi, dan memiliki daya tahan ketika mengadapi masalah sehingga secara efektif dapat menerapkan daya dan kepekaan emosi sebagai sumber energi, informasi, koneksi dan pengaruh yang manusiawi, sedangkan kemandirian belajar adalah kegiatan belajar yang berlangsung dengan didiorong oleh niat untuk menguasai suatu kompetensi guna mengatasi suatu masalah dan dibangun dengan bekal pengetahuan atas kemauan sendiri, pilihan sendiri, dan tanggung jawab sendiri dari siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronika (2) hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronika (3) hubungan antara kecerdasan emosional dan kemandirian belajar dengan hasil belajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa X TITL 1 dan X TITL 2 di SMK Negeri 56 Jakarta sebanyak 56 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan proportionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk variabel kecerdasan emosional dan variabel kemandirian belajar dengan skala likert, sedangkan untuk variabel hasil belajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronika menggunakan metode dokumentasi berupa nilai Ujian Tengah Semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji linieritas setelah itu data dianalisis menggunakan uji hipotesis, uji-t dan uji-F dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronika dilihat dari nilai rhitung = 0,826 > rtabel = 0,268 dan nilai thitung = 10,813 > ttabel = 0,2005. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronika dilihat dari nilai rhitung = 0,801 > rtabel = 0,268 dan nilai thitung = 9,826 > ttabel = 0,2005. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kemandirian belajar dengan hasil belajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronika dilihat dari nilai rhitung = 0,862 > rtabel = 0,268 dan nilai Fhitung = 76,617 > Ftabel = 3,17. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Emotional intelligence is the ability of students to feel, understand, respect the feelings of others, self-control, self-motivation, commitment, consistency, and have endurance when facing problems so that they can effectively apply emotional power and sensitivity as a source of energy, information, connections and human influence, while independent learning is a learning activity that takes place, driven by the intention to master a competency to overcome a problem and is built with knowledge of their own volition, their own choice, and the student's own responsibility. The purpose of this study was to determine: ((1) the relationship between emotional intelligence and learning outcomes of basic electrical and electronics subjects (2) the relationship between learning independence and learning outcomes of basic electrical and electronic subjects (3) the relationship between emotional intelligence and learning independence with learning outcomes of basic electrical and electronic subjects electronics. The sample in this study were students of X TITL 1 and X TITL 2 at SMK Negeri 56 Jakarta as many as 56 students. The sampling technique of this study used proportionate random sampling. Collecting data using a questionnaire for the variable emotional intelligence and learning independence variable with a Likert scale, while for the variable learning outcomes for basic electricity and electronics subjects using the documentation method in the form of the Mid-Semester Exam scores for the academic year 2021/2022. This study uses a quantitative method with a correlational approach. The analysis prerequisite test in this study used the normality test and linearity test, after which the data were analyzed using hypothesis testing, t-test and F-test with a significant level of 5%. Based on the results of the calculation of the hypothesis test, it can be concluded: (1) there is a positive and significant relationship between emotional intelligence and learning outcomes for basic electrical and electronic subjects seen from the value of rcount = 0.826 > rtable = 0.268 and tcount = 10,813 > ttable = 0,2005. (2) there is a positive and significant relationship between learning independence and learning outcomes for basic electrical and electronic subjects seen from the value of rcount = 0.801 > rtable = 0.268 and tcount = 9.826 > ttable = 0.205. (3) there is a positive and significant relationship between emotional intelligence and learning independence with learning outcomes in basic electricity and electronics subjects seen from the value of rcount = 0.862 > rtable = 0.268 and the value of Fcount = 76,617 > Ftable = 3.17. Keywords: Emotional Intelligence. Independent Learning, Learning Outcomes Of Basic Electrical And Electronic Subjects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Suyitno Muslim, M.Pd. ; 2). Dr. Soeprijanto, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 15231 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 00:54
Last Modified: 29 Aug 2022 00:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33528

Actions (login required)

View Item View Item