PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR ANTARA SISWA PENERIMA DAN BUKAN PENERIMA BANTUAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) (Studi Komparatif Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 70 Jakarta)

SUTRA ANDANU MUKTI, . (2022) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR ANTARA SISWA PENERIMA DAN BUKAN PENERIMA BANTUAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) (Studi Komparatif Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 70 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar yang dimiliki antara siswa penerima dan bukan penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 70 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan kuesioner yang diberikan langsung kepada responden. Terdapat 2 populasi pada penelitian ini yang terdiri dari siswa penerima dan bukan penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 70 Jakarta. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu tekniksimple random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 56 siswa yang masing-masing terdiri dari 28 siswa penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dan 28 siswa bukan penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan terkait dengan motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa penerima) dan bukan penerima bantuan Program Indnesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 70 Jakarta. Hal tersebut dinyatakan demikian karena nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yang diperoleh sebesar 0,538 > 0,05 ***** This research aims to know the differences in learning motivation between students who are recipients and who are not recipients of the Program Indonesia Pintar (PIP) at SMP Negeri 70 Jakarta. This research uses quantitative methods with comparative research types. The data collection technique used in this research is the quetionnaire given directly to the respondents.There are 2 populations in this researchconsisting of student who are recipients and not recipients of Program Indonesia Pintar (PIP) at SMP Negeri 70 Jakarta. The Sampling technique used in this research is simple random sampling. The number of samples in this research were 56 students, each of which consisted of 28 students who are recipients of the Program Indonesia Pintar (PIP) and 28 students who are not recipients of the Program Indonesia Pintar (PIP). The result from this research based on hypothesis testing using the Mann Whitney test, namely there is no significant differences related to the learning motivation of student who are receipients and not recipients of the Program Indonesia Pintar (PIP) at SMP Negeri 70 Jakarta. Declared so because the value of Asymp. sig. (2-Tailed) obtained is 0,538 > 0,05

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Budiaman. M.Si 2). Achmad Nur Hidayaht, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 15062 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 06:30
Last Modified: 29 Aug 2022 06:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33631

Actions (login required)

View Item View Item