METODE PEMBELAJARAN SOROGAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN (STUDI KASUS TERHADAP 3 PONDOK PESANTREN TRADISIONAL DI BOGOR)

HANIFAH FEBRIANI, . (2022) METODE PEMBELAJARAN SOROGAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN (STUDI KASUS TERHADAP 3 PONDOK PESANTREN TRADISIONAL DI BOGOR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (704kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran sorogan di lembaga pendidikan pesantren. Tujuan tersebut dapat diuraikan kembali menjadi beberapa tujuan yaitu: menganalisis perencanaan pembelajaran sorogan, menganalisis pelaksanaan pembelajaran sorogan, dan menganalisis evaluasi pembelajaran sorogan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yang dilaksanakan dari bulan Februari sampai Maret 2022. Tempat penelitian ini yaitu di pondok pesantren Al Falak, pondok pesantren Bani Asfan Al Khoeriah, dan pondok pesantren Ar Ruhama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi ketiga pondok pesantren tradisional tersebut. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi pembelajaran dan teori model pembelajaran di pesantren. Penelitian ini menyimpulkan: metode pembelajaran sorogan dari ketiga pondok pesantren tradisional memiliki ciri khasnya tersendiri. Pertama perencanaan, walaupun tidak menggunakan perencanaan mengajar tertulis seperti RPP dan silabus tetapi dapat terlihat dari persiapan sumber daya pendidik, dan terdapat kurikulum tersembunyi. Selain itu memiliki jenis perencanaan yang berbeda yaitu botton up dan top down. Kedua pelaksanaan, proses pembelajaran sorogan dengan cara mendengarkan guru terlebih dahulu kemudian santri mengulang-ulang kembali yang diajarkan oleh gurunya. Ketiga evaluasi, pembelajaran sorogan tidak menggunakan penilaian angka tetapi dilihat dari perkembangan santri dari kelancaran dan dalam memahami maknanya. ***** The study was intended to analyze the study model of sorogan at the boarding school. Those goals could be redefined into some of the goals that are: analyze the planning of the sorogan learning, analyze the performance of the sorogan learning, and analyze the evaluation of the study. The study used a descriptive qualitative method of research with a case study approach, which is carried out from February to March 2022. The research facility is in the boarding house of al falak, the lodge of boarding rooms bani asfan al khoeriah, and the ruhama boarding house. The data-collection technique used is the interviews, documenting, and third observations of the traditional boarding house. As for the theories used in this study are the learning strategy theory and the model learning theory in boarding schools. The study concludes: the methods of focusing learning from the three traditional tourist huts have their own characteristic. First, though not using written teaching planning planning such as RPP and silabus but can be seen from the preparation of the educator's resources, and there is a hidden curriculum. In addition to having a different kind of planning, the bottons up and top down. Both practices, the process of focusing on listening to the teacher first and then the sanstri repeating what her teacher taught. Three assessments, the study of sorogan not using number assessments but is seen in the santri development of fluency and in understanding its meaning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rihlah Nur Aulia, M.A. ; 2). Firdaus Wajdi, Ph.D.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 15008 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 06:09
Last Modified: 29 Aug 2022 06:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33635

Actions (login required)

View Item View Item