PIPIT APRILIA NINGRUM, . (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGUATAN KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA SISWA SMA (Studi Kualitatif pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (568kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (808kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (519kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan oleh Guru PPKn dalam penguatan karakter cinta tanah air pada peserta didik 2) mengetahui bentuk pelaksanaan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh Guru PPKn dalam penguatan karakter cinta tanah air. Penelitian ini dilakukan mulai pada bulan Maret sampai bulan April 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam memperoleh data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara informan dan key informan serta studi dokumentasi. Terdapat tujuh informan dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas XI MIA I dan key informan untuk penelitian ini adalah Guru PPKn SMA Negeri 12 Jakarta. Untuk keabsahan data penelitian, menggunakan teknik member checking, expert opinion serta triangulasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penguatan karakter cinta tanah air oleh Guru PPKn kepada peserta didik, guru menggunakan satu strategi pembelajaran yakni strategi pembelajaran berbasis masalah dengan fokus dan interaksi lebih banyak dilakukan oleh peserta didik, penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam proses pembelajaran juga terdapat metode pembelajaran pendukung seperti metode project based learning, tanya jawab serta diskusi. Selain adanya strategi pembelajaran yang dilakukan juga terdapat pendekatan yang dilakukan untuk penguatan karakter cinta tanah air yakni pendekatan berbasis kelas maupun pendekatan pembudayaan sekolah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat penggunaan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh Guru PPKn yakni strategi pembelajaran berbasis masalah serta guru juga memvariasikan beberapa metode pembelajaran yakni metode project based learning, tanya jawab serta diskusi. * This study aims to 1) find out the learning strategies used by Civics Teachers in strengthening the character of love for the homeland in students 2) find out the form of implementing learning strategies carried out by PPKn teacher in strengthening the character of love for the homeland. This research was conducted from March to April 2022. The method used in this study is a qualitative method using a descriptive approach. In obtaining the data in this study is to use observation, interview informants and key informants as well as study documentation. There were seven informants in this study, namely students of class XI MIA I and the key informants for this study were PPKn teachers at SMA Negeri 12 Jakarta. For the validity of research data, using member checking, expert opinion and triangulation The results of this study indicate that in strengthening the character of patriotism by PPKn teachers to students, teachers use one learning strategy, namely problem-based learning strategies with focus and interaction mostly carried out by students. students, the application of problem-based learning strategies in the learning process there are also supporting learning methods such as project based learning, questions and answers and discussions. In addition to the learning strategies carried out, there are also approaches taken to strengthen the character of love for the homeland, namely the class-based approach and the school culture approach. The conclusion in this study is that there is a use of learning strategies carried out by PPKn teachers, namely problem-based learning strategies and teachers also vary several learning methods, namely project based learning, questions and answers and discussions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Raharjo, S.Pd., M.Si ; 2). Dr. Yasnita, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 15222 not found. |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 05:16 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 05:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33701 |
Actions (login required)
View Item |